Kamis, 7 Desember 2023

Polisi Minta Maaf usai Oknum Anggotanya Lakukan Kekerasan saat Konflik Lahan di Lampung

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi kekerasan Foto: Pixabay

Penyidik Propam Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memeriksa oknum polisi yang diduga melakukan kekerasan terhadap warga di Lampung Tengah. Peristiwa itu terjadi saat pengamanan konflik lahan antara PT Bumi Sentosa Abadi (BSA) dan masyarakat setempat.

“Ya, kami telah memeriksa seorang oknum anggota Polri yang viral karena diduga melakukan kekerasan saat pengamanan konflik lahan,” kata Kombes Firman Andreanto Kabid Propam Polda Lampung, Sabtu (23/9/2023).

Dilansir dari Antara, Firman menyebut penyidik Propam Polda Lampung menanyakan terkait video yang viral di media sosial tersebut kepada Bripka ZK.

Serta meminta keterangan perihal pelanggaran standar operasi prosedur (SOP) karena melakukan kekerasan terhadap warga saat melakukan pengamanan lahan.

“Setelah kami mintai keterangan yang bersangkutan mengakui kesalahan yang dilakukannya. Dia (Bripka ZK) mengakui hal itu karena spontan,” ungkapnya.

Kombes Firman Andreanto mengatakan, oknum anggota polisi yang melakukan kekerasan ini telah melanggar pasal 10 tentang pengawasan operasi, pembinaan dan pengaduan masyarakat.

Atas kejadian kekerasan yang dilakukan oleh oknum polisi tersebut, lanjut dia, Polda Lampung meminta maaf kepada masyarakat karena adanya kelalaian prosedur yang dilakukan Bripka ZK dalam pengamanan konflik lahan di Anak Tuha, Lampung Tengah.

“Tentu kami ingin sampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat karena anggota Polda Lampung melanggar SOP saat pengamanan dan telah mencederai perasaan masyarakat luas,” katanya.

Kejadian itu viral di media sosial dan whatsApp grup seorang polisi melakukan kekerasan dengan menginjak kepala seseorang saat melakukan pengamanan konflik lahan antara PT BSA dan warga di Kecamatan Anak Tuha, Lampung Tengah, Provinsi Lampung.

Guna mengantisipasi konflik lahan tersebut Polda Lampung menerjunkan sebanyak 1.500 personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI dan Satpol PP. (ant/saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Aksi Demo Buruh, Lalu Lintas Lumpuh di Jalan Basuki Rahmat

Kemacetan Total di Raya Sukomulyo Gresik

Surabaya
Kamis, 7 Desember 2023
25o
Kurs