Minggu, 28 April 2024

Polisi Periksa 14 Saksi untuk Telusuri Unsur Pidana Kebakaran Museum Nasional

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Petugas masih berupaya memadamkan Museum Nasional atau Museum Gajah di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, yang terbakar pada Sabtu (16/9/2023) malam. Foto: Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat/Antara

Kepolisian Resor Metro Jakarta Pusat memeriksa 14 saksi terkait penelusuran unsur pidana dalam kasus kebakaran Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah.

Kombes Pol Komarudin Kapolres Metro Jakarta Pusat mengatakan, 14 saksi itu berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mulai dari satpam yang bertugas pada saat peristiwa, pekerja bangunan, dan pekerja-pekerja yang sehari-harinya beraktivitas di Museum Nasional RI.

“Pasti, kami pastikan proses hukum ditegakkan manakala ditemukan ada potensi-potensi atau hal-hal yang mengarah kepada perbuatan pidana,” ujar Komarudin di Jakarta Minggu, (17/9/2023).

Pihak kepolisian sudah bergabung dengan tim yang dibentuk Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya untuk memeriksa dan mengidentifikasi koleksi museum di ruangan-ruangan yang terdampak kebakaran.

Menurut Komarudin melansir Antara, Gedung A Museum Nasional Indonesia terdiri atas 21 ruangan dan enam ruangan di antaranya terdampak kebakaran.

Berdasarkan laporan kebakaran Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat, kronologi kebakaran berawal ketika petugas keamanan sedang melaksanakan apel.

Tidak lama kemudian sekitar pukul 19.58 WIB, terjadi ledakan yang cukup keras dari arah bedeng yang sedang mengerjakan proyek renovasi Museum Nasional.

Museum Nasional Republik Indonesia atau Museum Gajah, adalah sebuah museum arkeologi, sejarah, etnografi, dan geografi yang terletak di Gambir, Jakarta Pusat dan persisnya di Jalan Medan Merdeka Barat No 12. Museum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Indonesia.

Untuk diketahui, museum beroperasi setiap hari kecuali hari besar keagamaan dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. (ant/wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs