Kamis, 30 Mei 2024

Polisi Tegaskan Tidak Boleh Gunakan Petasan di Perayaan Tahun Baru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan layar Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan Karo Penmas Divisi Humas Polri menyampaikan konferensi pers di Jakarta, Senin (13/11/2023). Foto: Antara

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) kembali menegaskan bahwa penggunaan petasan tidak diperbolehkan saat perayaan malam Tahun Baru 2024.

“Terkait dengan petasan, kami sampaikan bahwa petasan itu dilarang dalam melaksanakan perayaan malam Tahun Baru,” kata Brigjen Pol Ahmad Ramadhan Karo Penmas Divisi Humas Polri, Jumat (29/12/2023) dilansir Antara.

Ramadhan mengatakan, menyalakan kembang api masih diperbolehkan, namun harus memiliki izin.

“Yang diizinkan adalah kembang api, tapi penggunaannya juga harus minta izin karena harus melihat lokasi-lokasi apakah tempat-tempat itu memungkinkan dilaksanakan kembang api,” ujarnya.
Dia menjelaskan, bila ada kegiatan maka panitianya harus minta izin, seperti izin keramaian, dan izin penggunaan kembang api itu sendiri.
Di sisi lain, Polda Metro Jaya juga meminta masyarakat tidak melakukan konvoi atau arak-arakan saat perayaan malam Tahun Baru 2024. Hal itu untuk mencegah gesekan antarkelompok.
“Tidak untuk dilakukan konvoi atau arak-arakan ya, karena dapat mengganggu kepentingan orang yang lainnya dan juga tentu akan menimbulkan gesekan-gesekan konflik nantinya ketika ada di satu tempat ketika bertemu,” kata Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko Kabid Humas Polda Metro Jaya kepada awak media.
Lebih lanjut, Trunoyudo meminta masyarakat tidak melakukan kegiatan yang bisa mengganggu keamanan dan ketertiban. Ia juga mengatakan polisi akan bersiaga mengamankan car free night di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.
“Ada beberapa ruas jalan yang menjadi car free night. Tentu ini menjadi bagian juga pengamanan Polda Metro Jaya dalam pelaksanaan kegiatan masyarakat. Yang perlu kami imbau dalam hal ini, tentu bersama-sama kita menjaga situasi kamtibmas dengan baik,” pungkasnya. (ant/feb/iss)
Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
26o
Kurs