Rabu, 1 Mei 2024

Polri Pindahkan 30.878 Personel Secara Bertahap ke IKN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo Kapolri memberikan sambutan dalam acara Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (21/12/2023). Foto : Antara

Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menyiapkan rencana pemindahan 30.878 personel ke Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur secara bertahap.

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo Kapolri menyebut pemindahan personel Polri ini dilakukan dalam empat tahapan.

“Pada tahap pertama dikerahkan 1.667 personel, kemudian 9.484 orang. Lalu pada tahap ketiga sebesar 9.685 orang dan tahap keempat sebanyak 9.678,” kata Sigit dalam keterangan saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Polres IKN, Kamis (21/12/2023) yang dilansir Antara.

Angka 30.878 personel diperoleh dari penjumlahan personel yang dipindahkan dari tahap pertama sampai tahap keempat.

Jenderal polisi bintang empat itu juga menyebutkan untuk personel yang mengisi Polres Khusus Kawasan IKN nantinya disiapkan 708 orang.

Menurut dia, 708 anggota polisi yang mengisi Polres IKN tersebut telah melalui asesmen di Polda Kalimantan Timur.

Dalam kesempatan itu, Kapolri mendampingi Joko Widodo (Jokowi) Presiden melakukan groundbreaking Polres Khusus Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur (Kaltim).

“Sambil menunggu proses pembangunan dan penetapan struktur organisasi, personel tersebut sudah berada di Polda Kalimantan Timur dan kami sebar ke polres-polres penyangga,” katanya.

Sigit memastikan bahwa Polri akan terus mengawal seluruh kebijakan Presiden termasuk pembangunan kawasan IKN.

“Polri tentunya berkomitmen untuk mengerahkan segala sumber daya yang kami miliki untuk mengawal seluruh kebijakan Bapak Presiden khususnya mengawal pembangunan Ibu Kota Nusantara,” kata Sigit. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
29o
Kurs