Jumat, 19 April 2024

PPIH Maksimalkan Petugas Kloter Cegah Peserta Haji Tersesat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jemaah haji Indonesia setelah menunaikan salat di Masjid Nabawi, Madinah, Arab Saudi. Foto: Dok/ Bintang suarasurabaya.net

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memaksimalkan peran petugas kelompok terbang (kloter) untuk mengantisipasi dan mencegah peserta haji gelombang kedua tersesat di Madinah.

“Untuk meminimalisir agar tidak terjadi kehilangan atau peserta haji tersesat, pertama ketika tiba di Madinah, kami komunikasi dan koordinasi saat pembagian kunci hotel,” jelas Zaenal Muttaqin Ketua Daker Madinah PPIH Arab Saudi, Kamis (13/7/2023) waktu setempat dilansir Antara.

Kata Zaenal, pihaknya juga mengoptimalkan tugas layanan pembimbing ibadah (bimbad) kloter untuk terus mengingatkan jemaah terkait nama hotel dan nomor pintu Masjid Nabawi.

Ia menjelaskan dalam beribadah Arbain atau shalat wajib 40 kali waktu di Masjid Nabawi, sebaiknya peserta haji pergi dari hotel secara berkelompok dan tidak sendiri-sendiri.

Kalau peserta haji sampai keluar dari kelompoknya dan berada di luar pelataran Masjid Nabawi, dia mengimbau agar kembali masuk ke area masjid untuk memudahkan pencarian.

“Kami ingatkan ketua kloternya agar mereka yang sudah keluar dari pelataran Masjid Nabawi dan tidak tahu posisinya, kami berharap agar mereka masuk kembali ke masjid, di situ banyak petugas, dan petugas bisa mengarahkan posisi hotelnya,” kata Zaenal.

Data Sistem Komputerisasi dan Informasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag), hingga Jumat (14/7/2023) dini hari WIB, sebanyak 103.809 peserta haji gelombang kedua dari 276 kloter sudah tiba di Madinah dari Mekkah. (ant/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
33o
Kurs