Kamis, 16 Mei 2024

PPIH Surabaya Tuntaskan Keberangkatan Seluruh Jemaah Haji, 23 Gagal Berangkat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi jemaah haji menuju pesawat Saudia Airlines yang akan membawa mereka ke Tanah Suci. Foto: Kemenag

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Surabaya menuntaskan pemberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci tahun 2023.

Husnul Maram Ketua PPIH Embarkasi Surabaya menjelaskan, sejak keberangkatan yang dilaksanakan pada (24/5/2023) lalu, total yang telah diberangkatkan sebanyak 88 kelompok terbang (kloter).

“Seluruhnya berjumlah 38.359 orang. Terdiri dari 37.924 jemaah dan 435 petugas haji. Termasuk 1.411 orang di antaranya adalah jemaah kuota tambahan asal Provinsi Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Timur,” katanya, Surabaya, Jumat (23/6/2023) sore dikutip Antara.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Jawa Timur itu menyampaikan, sebanyak 23 jemaah yang mestinya masuk kuota bersama 88 kloter tersebut gagal berangkat ke Tanah Suci kebanyakan karena sakit, serta empat di antaranya diketahui hamil saat pemeriksaan kesehatan di Asrama Haji Embarkasi Surabaya.

“Sebagian besar yang sakit telah dipulangkan untuk dirawat di daerah asalnya masing-masing. Tersisa tiga orang yang masih dirawat di Rumah Sakit Haji Surabaya,” kata Husnul.

Husnul memastikan, jemaah yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci tersebut otomatis akan masuk kuota berangkat tahun depan.

“Kecuali yang hamil ya. Misalnya tahun ini hamil, tahun depan hamil lagi, ya kita tunda lagi keberangkatannya,” katanya.

Sementara itu, tercatat jemaah asal Embarkasi Surabaya yang meninggal dunia sesampainya di Tanah Suci sampai hari ini sebanyak 30 orang, diantaranya terdiri dari 20 laki-laki dan 10 perempuan, dengan rentang usia mulai dari 41 hingga 75 tahun ke atas.

Husnul Maram Kakanwil Kemenag merinci, sebanyak sembilan jemaah tersebut meninggal dunia di Madinah, 20 orang di Mekkah dan seorang di Jeddah, Arab Saudi.

“Rata-rata meninggal dunia akibat sakit jantung, stroke dan sesak nafas. Semuanya telah dimakamkan di Tanah Suci. Kita doakan Insya Allah husnul khatimah,” ujarnya. (ant/fra/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
25o
Kurs