Minggu, 5 Mei 2024

Puluhan Pelajar Indonesia Peroleh Beasiswa Studi di China Tahun Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lu Kang mendorong para penerima beasiswa untuk memanfaatkan kesempatan belajar tersebut dan menggunakan ilmu yang mereka peroleh untuk berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia. Foto : Antara

Kedutaan Besar China untuk Indonesia mengumumkan, sebanyak lima puluh pelajar Indonesia terpilih untuk menerima beasiswa studi dari pemerintah China pada tahun ini, Selasa (8/8/2023) di Jakarta.

Melansir Antara, Lu Kang Duta Besar China untuk Indonesia, mengatakan beasiswa itu bertujuan untuk meningkatkan persahabatan kedua negara sekaligus memperkokoh kerja sama dalam berbagai bidang.

“Pemuda merupakan kekuatan penting dalam membangun hubungan bilateral antara China dan Indonesia,” ujar Lu Kang, sambil menyebutkan bahwa saat ini terdapat lebih dari 15.000 pelajar Indonesia yang sedang menempuh studi di China.

Ramadhoni Komala Salah satu penerima beasiswa, pegawai Kantor Bea dan Cukai Kuala Tanjung, Sumatera Utara. Mulai bulan depan akan menempuh studi magister Jurusan Administrasi Bisnis di Central China Normal University.

“Saya berharap dapat memperoleh banyak ilmu dan berinteraksi dengan teman-teman dari berbagai negara, kemudian kembali ke Indonesia untuk membangun bangsa,” ujar Ramadhoni.

Lainnya adalah Aulia Alvi, yang tak menyangka namanya lolos sebagai penerima beasiswa master Program Studi Hubungan Internasional di Beijing Foreign Studies University

Alvi ingin belajar bagaimana budaya toleransi di China dan berharap kelak dapat membagikan semua ilmu yang diperoleh kepada sekitar 14.000 santri di pesantren milik keluarganya.

Acara pemberian beasiswa itu diselenggarakan dengan dukungan dari Bank of China cabang Jakarta.

Pemerintah China telah banyak memberikan kesempatan belajar untuk pelajar Indonesia, termasuk 810 beasiswa penuh sejak 2017 hingga 2023. (ant/dvn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
31o
Kurs