Sabtu, 27 April 2024

Puncak Arus Mudik Libur Natal dan Tahun Baru di Terminal Purabaya Diperkirakan 22-23 Desember

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Penumpang memasuki bus tujuan Malang, Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net Penumpang memasuki bus tujuan Malang, Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

Ahmad Badik Koordinator Satuan Pelayanan (Korsatpel) Terminal Tipe A Purabaya menyebut puncak arus perjalanan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) tahap pertama terjadi pada 22-23 Desember 2023.

“Prediksi tersebut karena saat ini sudah mulai libur sekolah. Untuk karyawan swasta hari ini sudah mulai libur juga,” kata Badik kepada suarasurabaya.net Jumat (22/12/2023) siang

Badik menyampaikan, lonjakan penumpang telah terjadi sejak 18-19 Desember lalu di mana terjadi peningkatan sekitar 28,1 persen. Sedangkan pada 20-21 Desember arus penumpang relatif landai.

“Sesuai prediksi kami, kenaikan sekitar empat sampai enam persen. Tanggal 19-20 Desember kemarin kenaikan rata-rata sekitar empat persen” ujarnya.

Diketahui, sebanyak 1.726 kendaraan terdata di Terminal Purabaya. Badik menyatakan siap menambah armada jika memang dibutuhkan dalam momentum Nataru ini

“Kemungkinan hari ini mulai ada penambahan armada. Karena dari P.O (Perusahaan Otobus) juga kami sudah koordinasi bahwa mulai hari ini kemungkinan terjadi lonjakan penumpang,” tuturnya.

Hilir mudik calon penumpang memasuki lorong keberangkatan bus di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net
Hilir mudik calon penumpang ketika memasuki lorong keberangkatan bus di Terminal Purabaya pada Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

Badik memastikan selama pihaknya telah bersiap menyambut libur Nataru. Mereka mempersiapkan sarana dan prasarana hingga pemeriksaan atau ramcheck kendaraan. Dalam hal ini mereka juga bekerja sama dengan TNI, hingga pihak kepolisian dalam melakukan pendampingan.

“Sarana-prasarana yang sudah kita siapkan. Seperti penambahan beberapa lampu penerangan terus masalah lainnya seperti toilet gratis, smoking area, hingga tempat ibadah juga sudah kita siapkan,” bebernya.

Badik mengimbau para penumpang untuk bisa turun dan naik dari terminal. Hal tersebut bertujuan demi keamanan dan kenyamanan pengguna transportasi umum tersebut.

“Karena kalau misalkan nanti penumpang ini turun di luar atau naik dari luar terminal dari segi keamanannya kami tidak bisa menjamin karena itu sudah di luar area kami,” tutup. (feb/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs