Minggu, 5 Mei 2024

RI Lanjutkan Bantuan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pascagempa Turki

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) mengunjungi pusat operasi tim Inasar di Kota Antakya, Provinsi Hatay, Turki, Rabu (22/2/2023). Foto: Antara

Pemerintah Indonesia terus melanjutkan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa di Turki hingga fase rehabilitasi dan rekonstruksi pascagempa yang melanda negara itu beberapa waktu lalu.

“Kita juga akan terus membantu sampai tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, tentu saja itu apabila diperlukan oleh pemerintah Turki, dan tadi pemerintah Turki juga mengharap memang kita juga masih ambil peran pada saat tahap berikutnya itu,” kata Muhadjir Effendy Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) dilansir dari Antara.

Muhadjir mengunjungi pusat operasi tim Indonesia Search and Rescue (Inasar) di Kota Antakya, Provinsi Hatay, Turki, Rabu (22/2/2023), selaku delegasi dari Indonesia.

Dalam kunjungannya, Muhadjir juga telah bertemu dengan menteri kesehatan Turki untuk memastikan seluruh bantuan dari Indonesia, baik personel, medis, logistik, peralatan, maupun makanan bagi para korban gempa, telah diterima dengan baik.

Dia mengatakan Pemerintah Turki masih berharap ada bantuan vaksin serta serum tetanus dan rabies. Muhadjir menyatakan segera menyampaikan permintaan bantuan itu kepada Presiden Joko Widodo.

Selain vaksin dan serum, Pemerintah Turki juga meminta bantuan pembangunan rumah warga terdampak pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi nanti. Untuk itu, Pemerintah Indonesia akan menggandeng pihak swasta untuk berpartisipasi.

“Tadi juga meminta nanti pada tahap rehabilitasi dan rekonstruksi, terutama housing, permintaan untuk bantuan perumahan, dan kami akan coba nanti kami undang seluruh pihak swasta di samping Pemerintah untuk bergabung bersama-sama,” kata Muhadjir.

Dalam peninjauan di pusat operasi Inasar tersebut, Muhadjir didampingi Suharyanto Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Lalu Muhamad Iqbal Duta Besar RI untuk Turki. Mereka menyapa langsung para personel Inasar yang telah bertugas di Turki sejak 12 Februari lalu.

Delegasi Indonesia sangat terkesan dengan kerja keras tim Inasar yang telah menemukan korban, baik masih hidup maupun sudah meninggal dunia.

“Dan ini tugas-tugasnya akan segera berakhir karena akan segera diganti dengan tugas menuju ke arah rehabilitasi dan rekonstruksi,” ujar Muhadjir.

Operasi pencarian dan penyelamatan serta kemanusiaan di Turki dan Suriah merupakan operasi terbesar yang pernah dilakukan oleh Indonesia di luar negeri. Hingga kini, Indonesia sudah mengirimkan empat pesawat ke Turki dan Suriah untuk mengantarkan berbagai bantuan logistik.(ant/ihz/faz)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
26o
Kurs