Minggu, 28 April 2024

Sambut HUT ke-78, TNI AL Gelar Upacara dan Tabur Bunga di TMP Surabaya

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, M.Tr (Han), Dankodiklatal saat prosesi tabur bunga di TMP Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, Jumat (8/9/2023). Foto: Dispen Lantamal V

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78, TNI Angkatan Laut (AL) menggelar upacara ziarah rombongan dan tabur bunga, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, Jumat (8/9/2023).

Pantauan suarasurabaya.net acara yang dimulai pukul 06.30 WIB itu berlangsung khidmat. Diawali laporan penanggungjawab ziarah, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, penghormatan pada arwah para pahlawan, pembacaan doa, dan diakhiri tabur bunga.

Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, M.Tr (Han) Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) menyebut, ziarah ini bentuk penghormatan para prajurit TNI AL kepada para pahlawan yang gugur saat mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

“Dalam rangka HUT ke-78 TNI AL 2023, Bapak Kepala Staf Angkatan Laut memerintahkan seluruh jajaran yang ada di bawahnya, melaksanakan ziarah ke TMP di daerah masing-masing,” jelas Letjen Suhartono usai ziarah, Jumat (8/9/2023).

Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono, M.Tr (Han) Dankodiklatal beserta para pimpinan Kotama TNI AL wilayah Surabaya saat upacara ziarah di TMP Jalan Mayjend Sungkono Surabaya, Jumat (8/9/2023). Foto: Dispen Lantamal V

Menurutnya, rangkaian ini penting untuk menjaga semangat mempertahankan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini.

“Tentu dalam kondisi berbeda. Kalau sebagian besar pahlawan berjuang saat era kemerdekaan, kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darmabakti kita di bidang masing-masing. Begitu juga kita sebagai TNI AL harus bekerja mempertahankan NKRI sesuai tugas pokok,” tambahnya.

Mewakili para panglima komando utama (Pangkotama), sambung Letjen Suhartono, ia berharap seluruh prajurit TNI bisa menjadi profesional, modern, dan tangguh.

Untuk diketahui, peringatan HUT ke-78 TNI AL ini tak hanya ziarah, dan akan ada serangkaian kegiatan. Pada 11 September waktu acara puncak, akan digelar upacara, kemudian 17 September akan ada kirab melibatkan TNI dan masyarakat.

“Selain itu ada bersih-bersih sungai di Surabaya. Kemudian baksos ke masyarakat, juga event-event lomba terkait olahraga perairan dan motorcross,” tandasnya.

Dalam acara hari ini, turut dihadiri para pimpinan Kotana TNI Angkatan Laut wilayah Surabaya, mulai Pangkoarmada II, Danpuspenerbal, Gubernur AAL, Komandan Lantamal V, serta Ketua Bakor Jalasenastri wilayah Surabaya sekaligus Ketua Gabungan Jalasenastri Kodiklatal.

Sekedar diketahui, HUT ke-78 TNI AL diperingati setiap tanggal 10 September 2023. Tema tahun ini “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, Terus Melaju Untuk Indonesia Maju”. (lta/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs