Kamis, 2 Mei 2024

Sampoerna Academy Luncurkan Buku Panduan Pengajaran Inovatif saat Hari Guru Nasional

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Adelina Holmes Principal of Sampoerna Academy Surabaya Pakuwon Indah dan Munaiyah Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Surabaya dalam peluncuran buku di Hari Guru Nasional berada di Sampoerna Academy Surabaya, pada Sabtu (25/11/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional 2023, Sampoerna Academy meluncurkan buku panduan pengajaran untuk memberikan pengalaman pembelajaran yang lebih inovatif bagi peserta didik abad 21.

Buku dengan judul “Teach Through Fascination” itu, tidak hanya berisi teori, tetapi juga kumpulan wawasan praktis dan strategi yang diambil dari pengalaman dunia nyata. Selain itu, terdapat berbagai tips yang dapat memberikan ide berharga dalam rutinitas belajar mengajar.

Adelina Holmes Principal of Sampoerna Academy Surabaya Pakuwon Indah Campus sekaligus penulis buku mengatakan, pendidikan yang melibatkan siswa dalam perjalanan belajar merupakan hal yang penting.

“Mengajar merupakan bidang yang dinamis, karena adaptasi dan pendekatan baru akan berdampak signifikan bagi guru dan siswa,” ucapnya dalam peluncuran buku di Sampoerna Academy Pakuwon Indah Surabaya, Sabtu (25/11/2023).

Melalui pengalaman selama 20 tahun di bidang pendidikan, dia mengatakan bahwa pembelajaran dengan menyediakan lingkungan aman, peduli kolaboratif, dan memiliki kualitas sesuai standar global bisa berdampak pada pencapaian siswa dan pengembangan karakter.

Untuk menciptakan lingkungan tersebut, menurutnya, guru memiliki tanggung jawab untuk menciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar menumbuhkan kecintaan belajar seumur hidup pada siswa.

“Dalam buku ini, juga diambil dari kisah-kisah pendidik yang berhasil menerapkan berbagai teknik pengajaran di kelas mereka. Terbukti dengan dedikasi dan kreativitas, guru bisa menciptakan lingkungan belajar yang menarik agar siswa mampu berkembang dan mencapai potensi mereka,” ungkapnya.

Adelina berharap, buku tersebut bisa menjadi sumber inspirasi dan bimbingan bagi guru, mengingat, tenaga pendidikan memainkan peran penting dalam membentuk generasi muda.

“Kami juga berharap rekan-rekan pendidik akan terinspirasi untuk menemukan dan menciptakan pengalaman belajar lebih inovatif bagi semua siswa, karena pada akhirnya, keberhasilan siswa kami adalah tujuan profesi pendidik,” ujarnya.

Sementara itu, Munaiyah Kepala Bidang Sekolah Dasar Dinas Pendidikan Kota Surabaya menyambut baik upaya yang dilakukan untuk dunia pendidikan tersebut. Menurutnya, buku itu bisa membantu para guru dalam membuat perencanaan pembelajaran, serta memberi tips dalam mengatasi permasalahan di sekolah.

“Ini sangat bermanfaat bagi para guru, khususnya di Surabaya. Dengan ini, saya berharap para guru lebih terinspirasi untuk menggunakan teknik pembelajaran yang inovatif, terkini, dan sesuai dengan perkembangan peserta didik saat ini,” pungkasnya. (ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs