Minggu, 21 April 2024

Sejumlah Kota Besar di Indonesia Hari Ini Berpotensi Cerah Berawan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan. Foto: Pixabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian kota besar di Indonesia berpotensi cerah berawan hari ini, Jumat (4/8/2023).

Melansir Antara, dikutip dalam laman resmi BMKG, cuaca cerah berawan diprakirakan terjadi di Surabaya, Banda Aceh, Bengkulu, Jakarta, Gorontalo, dan Jambi. Kemudian, Semarang, Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Lampung, Kupang, Mamuju, Makassar, Kendari, Manado, dan Palembang.

Sementara cuaca berawan berpotensi terjadi di Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Bandung, Palangkaraya, Ambon, Mataram, dan Jayapura. Adapun kota lainnya seperti Tanjung Pinang, Manokwari, Pekanbaru, Mamuju, Padang, dan Medan diprediksi terjadi hujan pada siang atau malam hari.

Fachri Radjab Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG mengungkapkan, sekitar 63 persen wilayah zona musim di Indonesia mengalami pengaruh dari fenomena El Nino, yang berdampak pada peningkatan kekeringan selama musim kemarau.

“Zona musim di Indonesia ada 699 zona, saat ini sudah sekitar 63 persen sudah memasuki periode musim kemarau. Artinya 63 persen memang sudah terdampak langsung dari El Nino itu sekitar 63 persen wilayah zona musim,” ujarnya.

Dia mengemukakan El Nino merupakan fenomena atmosfer yang sifatnya global yaitu terjadinya peningkatan suhu muka laut.

Di Indonesia, dampak El Nino yang paling kuat dirasakan adalah berkurangnya curah hujan. “Jadi, ketika di musim kemarau, ditambah ada El Nino jadi semakin kering,” lanjutnya.

Fachri mengemukakan berdasarkan prakiraan hujan bulanan BMKG, beberapa wilayah dengan intensitas hujan berada dalam kategori rendah yakni di sebagian besar Sumatra, termasuk Riau, Bengkulu, dan Lampung, serta hampir seluruh wilayah Jawa.

Kemudian di wilayah Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, dan Sulawesi Tenggara. (ant/dvn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 21 April 2024
26o
Kurs