Jumat, 19 Juli 2024

Sejumlah Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Deras dan Angin Kencang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan di kota besar. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi mengalami hujan deras yang dapat disertai petir dan angin kencang, pada Senin (5/6/2023) hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dalam laporan yang diterima Antara memprakirakan potensi hujan deras disertai kilat atau petir, antara lain di wilayah Aceh, Sumatra Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatra Selatan.

Kondisi serupa juga berpeluang terjadi di Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Papua Barat dan Papua.

Sementara itu, terdapat beberapa wilayah yang berpotensi mengalami angin kencang lebih dari 45 km per jam, seperti wilayah Sumatra Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat dan Papua.

BMKG menambahkan, Sirkulasi Siklonik terpantau di Teluk Cendrawasih, yang membentuk daerah konvergensi dari Papua bagian tengah, serta daerah konfluensi di Papua Tengah, dan pesisir barat Bengkulu.

Daerah konvergensi lainnya memanjang dari Laut Andaman hingga pesisir barat Thailand, di Laut Cina Selatan, dari Laut Cina Selatan ke Laut Sulu, dari pesisir barat Aceh hingga Selat Malaka.

Kemudian di pesisir barat Lampung hingga pesisir barat Bengkulu, dari pesisir utara Jawa Timur hingga pesisir utara Jawa Tengah, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Laut Banda hingga Sulawesi Tenggara, dan dari Pulau Halmahera hingga Samudra Pasifik Utara Papua Barat.

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) lainnya juga terdapat di Laut Cina Selatan, dari Laut Banda hingga Laut Flores, Samudera Hindia Selatan NTT hingga Barat Daya Banten, dan di Samudera Pasifik Timur Filipina.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar daerah siklon tropis/sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi/konfluensi tersebut,” tulis BMKG dalam keterangannya. (ant/bil/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs