Rabu, 8 Mei 2024

Setelah Pembangunan Infrastruktur, Sidoarjo Bersolek dengan Membenahi Wajah Kota

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Pemkab Sidoarjo sedang melakukan program revitalisasi alun-alun. Foto: Humas Pemkab Sidoarjo/Suarasurabaya.net

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo tengah fokus melakukan pembenahan wajah kota setelah dalam dua tahun terakhir masif membangun infrastruktur.

Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo mengatakan, pada akhir tahun ini beberapa pekerjaan sedang dilakukan guna mempercantik wajah Sidoarjo.

“Memang dalam dua tahun terakhir ini kami fokus untuk membangun infrastruktur. Mulai betonisasi jalan, pembangunan jembatan, flyover, hingga rumah sakit, puskesmas dan SMP Negeri. Di akhir tahun ini kami sedikit demi sedikit mulai membenahi perwajahan kota,” ujarnya dilansir Antara pada Kamis (19/10/2023).

Beberapa pekerjaan dalam rangka memperbaiki wajah kota yang kini sedang dilaksanakan antara lain, revitalisasi Alun-Alun Sidoarjo dan revitalisasi jalur pedestrian di sepanjang Jalan Raya Ponti hingga GOR Delta Sidoarjo.

Selain itu belasan taman di seantero Sidoarjo juga sedang ditata ulang dan dipercantik oleh Pemkab.

Khusus untuk Alun-Alun Sidoarjo, akan dipercantik dengan penambahan taman bunga, air mancur, dan juga taman bermain anak.

Revitalisasi Alun-Alun Sidoarjo dilakukan di sisi Timur tepatnya di sepanjang Jalan A Yani dari sisi Utara sampai Selatan Monumen Jayandaru.

Saat ini proses pengerjaannya tengah dilakukan dan ditarget rampung akhir Desember 2023.

Selain revitalisasi Alun-Alun, pemkab juga melakukan revitalisasi jalur pedestrian di sepanjang Jalan Raya Ponti hingga GOR Delta Sidoarjo sepanjang 1.210 meter. Revitalisasi dilakukan sepanjang Jalan Raya Ponti sisi barat hingga ke sisi selatan GOR Delta Sidoarjo.

Revitalisasi yang dilakukan mencakup perbaikan trotoar yang akan diganti lantainya menggunakan granit, perbaikan saluran air, penambahan taman di samping trotoar, penambahan lampu, serta penggantian pohon kota.

“Selain dua pekerjaan itu, masih ada belasan taman yang mulai diperbaiki, dipercantik. Tujuannya tentu saja agar masyarakat bisa menikmati ruang terbuka hijau yang lebih nyaman serta bisa menjadi alternatif rekreasi murah meriah bagi warga masyarakat, disamping bisa menjadi pengungkit pergerakan ekonomi di sekitarnya,” tuturnya.

Gus Muhdlor mengatakan meski ada banyak pekerjaan besar untuk memperbaiki wajah kota, namun pembangunan infrastruktur juga tidak ditinggalkan.

Pada akhir tahun 2023 ini, kata dia, ada banyak pekerjaan betonisasi jalan di berbagai wilayah Sidoarjo yang sedang dikerjakan. Selain itu pembangunan jalan layang (flyover) di Aloha, Krian, dan Tarik, juga terus dikerjakan.

“Kami ingin pembangunan infrastruktur dan revitalisasi wajah kota bisa dilakukan secara bersamaan dan beriringan agar tentunya masyarakat makin nyaman beraktivitas dan berkegiatan,” ucapnya. (ant/mel/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
27o
Kurs