Minggu, 28 April 2024

Pemkab Sidoarjo Kebut Betonisasi Ruas Geluran-Suko dan Banjarsari-Damarsi

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Proyek betonisasi ruas jalan Desa Banjarsari dengan Damarsi, Kecamatan Buduran. Foto: suarasurabaya.net/ Diskominfo Sidoarjo

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo kebut proyek betonisasi jalan penghubung Desa Suko di Kecamatan Sukodono dengan Desa Geluran, Kecamatan, serta dan betonisasi ruas jalan Desa Banjarsari dengan Damarsi, Kecamatan Buduran.

Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo mengatakan, hingga pekan ke-16 untuk proyek betonisasi Banjarsari – Damarsi sudah mencapai pengerjaan 45 persen. Sedangkan untuk betonisasi Suko – Geluran, sudah mencapai 22 persen pada pekan ke-13.

“Kedua proyek betonisasi menunjukkan progres yang membanggakan, karena masing-masing mengalami surplus pengerjaan,” ucap Gus Muhdlor sapaan akrabnya, Rabu (11/10/2023) seperti dilansir laman resmi Pemkab Sidoarjo.

Dia bilang, meskipun masing-masing surplus dua persen dan tujuh persen, Pemkab Sidoarjo tetap tidak melonggarkan pengawasan terhadap proyek tersebut.

“Kami terus memantau masing-masing proyek agar selesai tepat waktu sesuai dengan perjanjian kontrak. Karena jika terlambat sedikit akan sangat merugikan masyarakat sekitar yang terdampak,” tambahnya.

Sementara Dwi Eko Saptono Kepala Dinas PU Bina Marga Dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Kabupaten Sidoarjo, mengatakan proyek betonisasi Banjarsari – Damarsi dengan panjang 1.838 meter dengan lebar lima meter ini terbagi menjadi dua segmen.

“Untuk betonisasi di wilayah Kwangsan terbagi menjadi dua segmen. Segmen I memiliki panjang 477 meter, sementara Segmen II memiliki panjang 393 meter, keduanya dengan lebar lima meter. Beberapa diantaranya akan masuk tahapan landasan cor beton pada pekan kedua bulan ini, sedang sisanya sudah proses akhir yaitu pemadatan beton,” ucapnya.

Dwi juga merinci untuk betonisasi Desa Geluran dengan Desa Suko, dengan panjang 1.570 meter dan lebar 6-7 meter beberapa diantaranya tahapan pemasangan U-Ditch (saluran air sisi jalan kanan-kiri), dan ruas lainnya sudah masuk pada tahapan pekerjaan rigid pavement (perkerasan jalan).

“Kami terus memantau semua proyek betonisasi agar akhir 2023 semua rampung,” tutupnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs