Rabu, 1 Mei 2024

Sidang Tahunan MPR 2023, Jokowi Presiden Pakai Baju Adat Daerah Tanimbar

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden mengenakan baju adat Tanimbar, Maluku saat tiba di lokasi Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR - DPD Tahun 2023, Rabu (16/8/2023). Foto: Antara

Joko Widodo Presiden, pagi hari ini, Rabu (16/8/2023), menghadiri agenda Sidang Tahunan MPR yang bertempat di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta.

Sekitar pukul 08.30 WIB, Presiden bersama Iriana Ibu Negara tiba di lokasi acara.

Setiap tahun, Jokowi selalu memakai pakaian tradisional berbagai daerah Indonesia. Tahun ini, Jokowi memakai baju adat Tanimbar, Maluku.

Sedangkan Ma’ruf Amin Wakil Presiden memakai baju adat Demang khas Betawi, Jakarta.

Beberapa menit sebelum Sidang Tahunan dimulai, ratusan Anggota DPR RI dan DPD RI sudah duduk di tempat yang sudah disediakan di Gedung Nusantara

Sekadar informasi, Sidang Tahunan MPR diselenggarakan satu rangkaian dengan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI.

Total ada 1.549 undangan yang hadir di Kompleks Parlemen, di antaranya Presiden dan Wakil Presiden RI, mantan presiden dan mantan wakil presiden, serta mantan Ketua MPR/DPR dan DPD.

Kemudian, pimpinan lembaga negara, seluruh Anggota MPR dari unsur DPR dan DPD, Menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat setingkat menteri.

Lalu, ketua umum partai politik yang mewakili DPR, kemudian raja-raja Nusantara, ketua ormas keagamaan, dan perwakilan teladan dari seluruh Tanah Air.

Agenda utama Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR/DPD Tahun 2023 adalah pidato Presiden Republik Indonesia tentang penyampaian laporan kinerja lembaga-lembaga negara, sekaligus pidato kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-78 Kemerdekaan Indonesia.

Sesudah Sidang Tahunan MPR dan Sidang. Bersama, nanti siang Jokowi Presiden akan menyampaian Nota Keuangan Pemerintah dalam Sidang Paripurna DPR RI.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
30o
Kurs