Selasa, 14 Mei 2024

Surabaya Raya dan Sebagian Besar Wilayah Jatim Lainnya Diprakirakan Cerah Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Cuaca di kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya saat cerah berawan. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), memprakirakan hampir seluruh wilayah Jawa Timur (Jatim), Sabtu (13/5/2023) hari ini, akan cerah seharian.

Melansir laman resmi BMKG, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada siang hari hanya terjadi di beberapa wilayah, yakni Kabupaten dan Kota Mojokerto, Kota Batu, Kabupaten Bondowoso, Jombang serta Lamongan.

Sementara untuk Surabaya Raya dan sebagian besar wilayah Jatim lainnya diprakirakan cerah hingga berawan seharian.

Kondisi suhu di Jatim, hari ini berkisar 15-34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapai 60-95 persen. Angin akan dominan berhembus dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Sementara untuk kondisi cuaca di wilayah perairan Jatim, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan sebagian besar berpotensi hujan ringan hingga sedang.

Arah angin juga dominan dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian Timur 20 knots (68 kilometer per jam) dan Samudera Hindia Selatan Jatim sebesar 21 knot (39 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.3-1.3 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-2.3 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 2.0-4.5 meter.

Masyarakat pesisir juga diminta waspada potensi tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Jawa Timur dan Samudera Hindia Selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 14 Mei 2024
31o
Kurs