Minggu, 28 April 2024

BMKG: Sejumlah Wilayah di Jawa Timur Berpotensi Hujan Ringan Hingga Lebat

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda menyampaikan prakiraan cuaca beserta peringatan dini hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang di sejumlah wilayah Jawa Timur (Jatim) hari ini, Selasa (9/5/2023).

Untuk siang-sore hari, potensi hujan berada di wilayah Kabupaten Madiun, Magetan, Kabupaten dan Kota Kediri, Kabupaten Malang, Batu, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi.

Sedangkan untuk malam hari, berada di wilayah Lumajang dan Sumenep.

Kemudian untuk cuaca, pagi hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

Untuk siang-malam hari, diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan-sedang, dan hujan lebat disertai petir. Dini harinya, cuaca diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan-sedang.

Suhu udara berada di kisaran 14 – 34 °C, Kelembapan udara 60 – 100 %, dan angin didominasi dari timur-tenggara dengan kecepatan 5-30 km/jam.

Sementara untuk cuaca di wilayah perairan Jatim, BMKG Tanjung Perak memprakirakan potensi hujan ringan dapat terjadi di perairan Kalimantan Tengah bagian tengah, perairan Tuban-Lamongan, dan perairan Gresik-Surabaya.

Arah angin didominasi dari timur-tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 18 knot (33 km/jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 20 knots (38 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura berada di antara  0.1-0.5 m, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.3 m dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.3 m.

BMKG Tanjung Perak juga mewaspadai terkait tinggi gelombang lebih dari 2.5 m di Perairan Jawa Timur dan Samudra Hindia Selatan Jatim.(abd/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
32o
Kurs