Minggu, 28 April 2024

Tim Paduan Suara Arek Surabaya Sabet Emas di WCG Korea Selatan

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Tim Paduan Suara Arek Surabaya (PSAS) saat tampil dalam ajang World Choir Games (WCG) 2023 di Gangneung, Korea Selatan. Foto: PSAS

Tim Paduan Suara Arek Surabaya (PSAS) berhasil meraih emas pada ajang World Choir Games (WCG) 2023 yang diadakan di Gangneung, Korea Selatan.

Henoch Yanuari Official PSAS mengatakan, prestasi tingkat Internasional itu didapatkan PSAS pada kategori anak.

“Kami hanya mengikuti satu kategori saja agar bisa memaksimalkan hasil dan tujuan yang mau kami capai, dan sudah berhasil, mencapai tujuan kami yaitu meraih juara emas di perlombaan paduan suara sedunia,” ucapnya kepada suarasrurabaya.net, waktu ditemui di Surabaya, Rabu (12/7/2023).

Henoch mengatakan, peserta tim paduan suara tersebut, merupakan anak yang saat ini sedang duduk di bangku SMP kelas tiga hingga SMA kelas satu dengan jumlah 26 anak, dan seluruhnya merupakan kumpulan dari gereja yang ada di Surabaya dan sekitarnya.

“Jadi PSAS ini sudah lahir sejak 2007 dari hasil perlombaan paduan suara gerejawi, kami lahir dari situ, kami mau naik level ajangnya, jadi kami ikuti lomba,” jelasnya.

Sebelum berhasil menorehkan juara dunia, ia mengatakan bahwa PSAS menjalani banyak proses, mulai dari kualifikasi terbuka dengan menjaring peserta baru terbaik, hingga mendatangkan beberapa pelatih untuk meningkatkan skill peserta.

Karena, lanjut dia, tim paduan suara tersebut sempat vakum selama kurang lebih 11 tahun.

“Kami ada keinginan untuk menghidupkan kembali dan pergi lomba, akhirnya memutuskan untuk ikut di Korea Selatan dan mulai dari awal lagi, karena beda generasi, beda zaman,” ucapnya.

Saat mempersiapkan kompetisi, ia mengaku ada berbagai tantangan yang dihadapi, mulai dari persiapan tim paduan suara hingga perjalanan menuju tempat lomba.

Tetapi, dengan berbagai rintangan tersebut, upaya PSAS untuk mengukir prestasi berhasil diwujudkan, dan ia ingin setelah menyabet emas, PSAS tetap aktif dan tidak vakum lagi.

“Kami juga ingin menambah jumlah anak-anak, kami ingin menjadi organisasi yang besar, seperti lawan-lawan kami,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap bantuan dan dukungan dari berbagai pihak dapat terus menyertai PSAS, agar ke depan dapat kembali meraih prestasi di event selanjutnya. (ris/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs