Senin, 29 April 2024

Tinjau Kesiapan Pelabuhan Tanjung Perak, Kapolri Sebut Ada Peningkatan Jumlah Pemudik

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri waktu jumpa pers usai melakukan peninjauan di terminal penumpang GSN Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Rabu (19/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri meninjau kesiapan tiga pelabuhan selama musim mudik tahun ini. Sejumlah pelabuhan itu yakni Gilimanuk Bali, Ketapang Kabupaten Banyuwangi, hingga Tanjung Perak Kota Surabaya.

Secara garis besar, Kapolri menyatakan bahwa tiga pelabuhan itu telah siap untuk mengakomodir pemudik pada musim Lebaran tahun ini. Selain itu Sigit mengakui adanya peningkatan jumlah penumpang VIP kapal di pelabuhan Jatim-Bali.

“Secara umum dilaporkan oleh rekan-rekan petugas ada peningkatan jumlah penumpang sekitar 10-15 persen di setiap pelabuhan,” kata Sigit waktu jumpa pers di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) Pelabuhan Tanjung Perak, Rabu (19/4/2023).

Dari hasil peninjauan yang dilakukan Sigit bersama para stakeholder, polisi berpangkat Jenderal itu menuturkan bahwa para pemudik di tiga pelabuhan sudah terlayani baik.

“Tadi sempat berdialog dengan penumpang rata-rata menyatakan perjalanannya baik, tidak ada masalah. Cuaca juga mendukung,” imbuhnya.

Sementara itu Dhany Rahmat Agustian General Manager Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang GSN mengatakan, per hari ini ada sebanyak 85.339 penumpang yang turun maupun naik di terminal GSN.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan dibanding hari Senin (17/4/2023) kemarin, yang mencapai 64.346 penumpang. Dhany mengatakan jumlah ini berpotensi mengalami peningkatan, sebab tanggal 18-19 diprediksi ada lonjakan penumpang.

“Rincian penumpang turun sekitar 62.359 orang dan naik 23.3998. Jadi ada kenaikan kurang lebih sekitar 31,9 persen daripada tahun 2022 kemarin. Dominasi kapal laut yang turun pertama Balikpapan, Makassar, dan Banjarmasin,” ujar Dhany. (wld/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs