Senin, 17 Juni 2024

Unesa Sediakan 3.200 Kuota Jalur Mandiri, ada Jalur Khusus untuk Disabilitas

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Kampus Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Jatim. Foto: Humas Unesa

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyediakan 3.200 kuota Calon Mahasiswa Baru (Camaba) lewat Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK) yang dibuka pada 2-11 Juli 2023.

Sukarmin Kepala Subdirektorat Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Unesa mengatakan, dalam TMUBK itu ada jalur khusus untuk disabilitas yang persaingannya tidak dicampur dengan peserta umum, tetapi bersaing sesama peserta disabilitas.

“Peserta jalur ini nanti akan melakukan tes tulis yang skemanya disesuaikan dengan kondisi peserta,” ucapnya pada Senin (10/7/2023).

Selain itu juga ada tes wawancara yang akan dilakukan oleh tim yang terdiri dari psikolog, akademisi, dan jajaran direktorat disabilitas.

“Ini dilakukan untuk memastikan peserta memilih prodi yang pas untuk mereka. Sera sesuai kemampuan dan minatnya,” terangnya.

Sementara, dalam TMUBK tahun ini, tesnya berbasis komputer dan dilakukan di rumah masing-masing dengan sistem pengawasan yang bisa mendeteksi segala macam indikasi kecurangan.

Ia menambahkan bahwa dalam tes tersebut menggunakan acuan UTBK, yakni camaba dari sekolah dan jurusan apapun, mendapat bobot soal yang sama. Selain itu, seluruh peserta juga menjalani Tes Potensi Akademik (TPA). (ris/saf/iss)

Berita Terkait

..
Surabaya
Senin, 17 Juni 2024
25o
Kurs