Minggu, 5 Mei 2024

Unesa Terima 10.206 Mahasiswa Baru Jalur UTBK

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Foto dok. Peserta mengikuti UTBK SBMPTN 2022 di Kampus Universitas Jember. Foto: Humas Unej.

Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menerima sebanyak 10.206 mahasiswa baru dari total 40.920 peserta yang mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

“Yang diterima tersebut merupakan hasil persaingan ketat dari sebanyak 40.920 peserta jalur UTBK, baik sebagai pilihan pertama mau pun pilihan kedua,” kata Sukarmin Kasubdit Penerimaan dan Kelulusan Mahasiswa Baru Unesa di Surabaya, Rabu (21/6/2023).

Menurutnya, Unesa tahun ini berada di urutan ke-10 sebagai kampus yang memiliki pendaftar terbanyak di jalur SNBT. Untuk kategori vokasi, Unesa menerima 1.063 peserta jalur UTBK.

Angka tersebut membuat Unesa tercatat sebagai kampus ke-8 nasional yang menerima pendaftar vokasi terbanyak.

“Unesa juga masuk sebagai kampus dengan pendaftar KIP-K terbanyak se-Indonesia, yaitu menerima 4.239 jalur UTBK,” ungkap dosen FMIPA itu.

Sukarmin mengucapkan selamat kepada para peserta yang sudah lolos di prodi dan kampus impiannya.

Dia mengimbau peserta segera mempersiapkan berkas pendaftaran ulang, dan memantau tanggal penting di laman dan media sosial resmi Unesa.

Untuk yang belum lolos masuk Unesa jalur UTBK, katanya, ada jalur mandiri yang kesempatannya masih terbuka.

Dia menyarankan supaya nilai UTBK peserta digunakan untuk mendaftar jalur mandiri atau SPMB utamanya jalur tanpa tes di Unesa.

Jalur tanpa tes itu kesempatan bagus bagi peserta, karena hanya diikuti peserta yang memiliki nilai UTBK dan SNBP (rapor).

“Bagi adik-adik yang nilai UTBK-nya bagus, bisa memilih prodi apa pun yang ada di Unesa. Bagi yang nilainya sedang, pilihlah prodi Unesa yang persaingannya tidak terlalu tinggi. Buat adik-adik yang memilih prodi keolahragaan dan seni, bisa didukung dengan portofolio atau sertifikat,” sebutnya.

Selain jalur tanpa tes tersebut, Unesa juga menyiapkan tujuh jenis penerimaan jalur mandiri. Ada jalur prestasi, jalur disabilitas, TMUBK, afirmasi pendidikan tinggi (Adik), kerja sama dan jalur mahasiswa luar negeri.

“Jalur yang sangat berpeluang besar bagi peserta yaitu jalur prestasi, di dalamnya ada jalur prestasi kepemimpinan bagi pengurus inti OSIS, prestasi olahraga, seni, saintek-soshum, MTQ, tahfiz, pesantren, prestasi agama Katolik, Protestan, Hindu, Buddh. Adik-adik nanti tinggal mengunggah sertifikat bukti pernah ikut lomba, piagam juara dan sebagainya,” tukasnya.(ant/dvn/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs