Minggu, 28 April 2024

ITS Terima 1.947 Camaba, Salah Satunya Peraih Nilai UTBK Tertinggi di Indonesia

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Top 5 Nilai UTBK 2023 Tertinggi se-Indonesia. Foto: ITS

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menerima sebanyak 1.947 Calon Mahasiswa Baru (Camaba) dari 20.001 pendaftar dari hasil Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2023 yang telah diumumkan secara resmi secara serentak, pada Selasa (20/6/2023), pukul 15.00 WIB.

Unggul Wasiwitono Kepala Subdirektorat Admisi Direktorat Pendidikan ITS mengatakan, hasil dari seleksi nasional tersebut, peraih nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi diterima di ITS dari Departemen Teknik Informatika.

“Berbeda dari tahun sebelumnya, SNBT ITS tahun ini tidak hanya diperuntukkan bagi pendaftar program sarjana (S1), tetapi pendaftar program vokasi atau jenjang sarjana terapan (D4) juga turut mengambil bagian dalam perebutan kursi calon mahasiswa baru ITS tahun akademik 2023/2024 mendatang,” ucapnya.

Unggul mengatakan bahwa ITS berhasil menempati posisi ke-4 berdasarkan rata-rata nilai UTBK tertinggi sebesar 656,70 pada program S1.

Sedangkan pada program vokasi, ITS berhasil menempati peringkat ke-8 dengan rata-rata nilai sebesar 590,22.

“Tak hanya itu, pada tahun ini peserta peraih nilai UTBK tertinggi nasional juga diraih oleh calon mahasiswa baru Departemen Teknik Informatika ITS dengan nilai sebesar 827,94,” imbuhnya.

Lebih lanjut, dosen Departemen Teknik Mesin ITS tersebut menjelaskan bahwa dari 1.947 orang yang diterima di ITS, ada sebanyak 1.606 orang yang merupakan calon mahasiswa baru regular dan 341 orang calon mahasiswa dari program Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K).

Sedangkan untuk Departemen Teknik Informatika sebagai penerima calon mahasiswa baru terbanyak yakni sebanyak 81 orang dari 2.577 orang peminat. Angka tersebut disusul oleh Departemen Teknik Mesin dan Teknik Elektro masing-masing sebanyak 72 calon mahasiswa baru dari 864 peminat dan 845 peminat, serta Departemen Teknik Sistem dan Industri sebanyak 61 calon mahasiswa baru dari 1.045 peminat.

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa meskipun telah dinyatakan lolos, ia mengimbau kepada seluruh calon mahasiswa baru yang telah diterima untuk memperhatikan pengumuman jadwal dan persiapan registrasi ulang pada laman its.ac.id/admission secara berkala.

Ia mengingatkan, kegagalan dalam melakukan tahapan tersebut dapat menyebabkan diskualifikasi pada calon mahasiswa.

“Selamat dan semangat, semoga hasil ini menjadi awalan yang baik untuk bertumbuh bersama dalam keluarga besar ITS,” tandasnya.(ris/dvn/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs