Senin, 29 April 2024

Unicef Beri Tips Lindungi Anak dari Kejahatan Online

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Arie Rukmantara Chief of Field Office Unicef Java, saat mengudara di studio Suara Surabaya. Foto: Dok/ Billy suarasurabaya.net

Organisasi Dana Anak Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Children’s Fund (Unicef) berpesan kepada semua orang tua lebih memajukan anak dengan memberikan perlindungan terutama di dunia daring/internet.

Hal tersebut disampaikan Tubagus Arie Rukmantara Kepala Kantor Unicef wilayah Pulau Jawa kepada Radio Suara Surabaya, bertepatan dengan Hari Anak Nasional (HAN) 2023 yang jatuh pada, Minggu (23/7/2023) hari ini.

Di era kemajuan teknologi seperti sekarang ini, menurut Arie, tidak menutup kemungkinan bagi anak lebih mengerti perkembangan tren di media sosial dibandingkan orang tuanya.

“Saat ini, sekitar 95 persen anak usia 12-17 tahun di Indonesia online setidaknya dua kali sehari,” kata Arie sapaan akrabnya.

Oleh sebab itu, diperlukan pengawasan dan bimbingan langsung oleh orang tua, agar anak tidak hanyut dalam pengaruh negatif.

“Mengingat anak-anak Indonesia sedang berada dalam posisi yang cukup rentan terpapar kejahatan di dunia daring terutama kejahatan seksual daring atau online children sexual exploitation and abuse,” kata dia.

Untuk itu, lanjut Arie, demi mencegah hal tersebut, Unicef memberikan tiga langkah bagi para orang tua untuk melindungi anak-anak mereka dari kejahatan online.

Pertama, orang tua harus menyadari bahwa dengan adanya media sosial membantu perkembangan dan salah satu tempat hiburan bagi anak mereka, untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk menjadi lebih melek digital untuk lebih memahami dunia maya ini.

Selanjutnya, orang tua dapat memberlakukan batasan waktu untuk penggunaan internet pada anak dengan mengkomunikasikannya dan mengajak untuk beraktivitas di luar seperti olahraga atau bermain musik.

“Kemudian, orang tua perlu memastikan bahwa anak-anak mengetahui cara melindungi diri mereka sendiri di media sosial dengan tidak berbagi segala macam bentuk informasi pribadi ataupun foto kepada orang tidak dikenal,” kata Arie.

Unicef berharap, dengan diterapkannya pemahaman kepada anak oleh orang tua, nantinya akan membantu tumbuh kembang anak dan terbebas dari segala bentuk kejahatan online.

“Selamat Hari Anak Nasional 2023. Lindungi Anak Indonesia, agar mimpi Indonesia Emas 2045 jadi nyata,” pungkasnya. (fra/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs