Jumat, 3 Mei 2024

Pemkot Gelar Pagelaran Seni PAUD Sambut Hari Anak Nasional

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD untuk menyambut HAN 2023. Foto: Diskominfo Kota Surabaya

Dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) 2023, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar berbagai kegiatan pagelaran seni untuk PAUD.

Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD diikuti 65 ribu siswa PAUD yang tersebar di 31 kecamatan se-Surabaya selama Mei hingga Juli 2023.

Yusuf Masruh Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya menyebut, Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD bertujuan melatih kemandirian, keberanian, kreativitas, dan kepercayaan peserta didik. Termasuk menyelaraskan gerak motorik dan kognitif anak.

“Sebab, dalam proses membentuk karakter pada anak di tingkat PAUD, pembelajaran yang diberikan adalah pengenalan akademis melalui model bermain yang menyenangkan. Seperti pengenalan lewat talenta seni dan kreativitas siswa,” kata Yusuf pada Rabu (12/7/2023).

Lewat gelaran itu, Pemkot Surabaya mengapresiasi kreativitas dan keberanian para siswa PAUD. Rencananya, kegiatan akan digelar setiap semester.

“Pendidikan karakter anak juga meliputi aspek religi keagamaan, akademis, dan pengembangan talenta anak. Saya berterima kasih kepada teman-teman yang telah menyelaraskan ketiga aspek tersebut,” jelasnya.

Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD nantinya tetap diselenggarakan di setiap kecamatan Surabaya.

“Hal ini untuk mempermudah jangkauan agar anak-anak PAUD tidak kelelahan. Kalau lelah maka motivasi mereka tampil bisa hilang,” ujarnya.

Sementara itu, Ida Widayati Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Surabaya mengatakan, melalui pelaksanaan Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD, Pemkot Surabaya melatih keberanian para siswa PAUD untuk tampil di depan umum.

“Ini adalah kolaborasi antara Dispendik (Dinas Pendidikan) dan DP3A-P2KB Surabaya. Kami memfasilitasi semua lembaga PAUD yang ada di Kota Surabaya untuk menampilkan talenta seni anak-anak,” katanya.

Para siswa PAUD dibebaskan mengeksplorasi penampilan bakat seni dan kreativitasnya. Ke depannya, diharapkan akan muncul kreativitas yang luar biasa.

“Kita tidak menentukan anak-anak untuk tampil menari, menyanyi, atau yang lainnya. Apapun yang ditampilkan adalah bentuk kreativitas siswa,” ujarnya.

Menurutnya, Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD mendapatkan antusias yang sangat baik dari orang tua siswa, serta lembaga PAUD se-Surabaya.

“Sebab, ini menjadi sesuatu yang istimewa bagi mereka karena bisa tampil di mal (pusat perbelanjaan) atau di hotel,” ungkapnya.

Dalam pelaksanaannya, Pemkot Surabaya berkolaborasi dengan para stakeholder. Sebab, partisipasi para stakeholder dapat meningkatkan mutu pendidikan di Kota Pahlawan.

“Mereka menyambut dengan baik sehingga Pagelaran Talenta Seni dan Kreativitas Siswa PAUD bisa berjalan dengan baik,” tuturnya. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs