Senin, 29 April 2024

Upacara Kemerdekaan Bersama Veteran, GPIB Surabaya Harap Jemaat Muda Bisa Ambil Nilai Teladan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Upacara yang digelar jemaat Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Maranatha Surabaya di lapangan GPIB Maranatha Surabaya, Kamis (17/8/2023). Foto: Adit suarasurabaya.net

Dalam rangka perayaan puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 RI, jemaat Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) Maranatha Surabaya menggelar upacara bendera bersama para veteran, Kamis (17/8/2023) pagi, di lapangan GPIB Maranatha Surabaya.

Pdt Alexius Letlora Ketua Majelis Jemaat GPIB Maranatha Surabaya berharap, kemerdekaan ke-78 RI ini bisa jadi momentum bersatunya bangsa Indonesia memasuki tahun politik.

“Sehingga tidak terjadi lagi hal-hal yang destruktif, tapi senantiasa tampil sebagai bangsa dan negara yang membangun dan konstruktif ke depan,” kata Alexius yang juga instruktur upacara pada Suara Surabaya.

Dia berharap supaya ada teladan, pengalaman dan pengetahuan yang bisa menular ke jemaat muda dari para veteran. Karena menurutnya tahun ini jadi waktu bagi jemaat muda aktif berperan dalam kemajuan bangsa Indonesia.

Adapun dalam acara ramah tamah dan bakti sosial dengan mengundang 20-an orang veteran ini, disertai prosesi ibadah untuk bersyukur.

“Jadi secara rutin itu kita menghormati para veteran, para pejuang yang telah merebut kemerdekaan ini dengan susah payah dan waktunya kita untuk menghormati itu,” imbuhnya.

Menurutnya, kegiatan GPIB memperingati HUT yang dilakukan dengan mengundang para veteran ini sudah diadakan yang keenam kalinya.

Ke depan, dia kembali berharap agar jemaat yang masuk kategori Gen Z bisa mengambil nilai dari para senior yang hadir, khususnya para veteran untuk dijadikan teladan.

“Selain share of experience (berbagi pengalaman)  juga share of knowledge  (pengetahuan) tapi sekaligus mereka share of an example (contoh) menjadi teladan bagi yang muda-muda begitu,” pungkasnya. (bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs