Minggu, 28 April 2024

Volume Kendaraan di Surabaya Turun Hampir Separuh Selama Nataru, Tapi Padat di Tempat Wisata

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Kepadatan ribuan pengunjung di salah satu rute Kebun Binatang Surabaya dekat kandang gajah, Minggu (24/12/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya tetap mengantisipasi kepadatan wisatawan selama Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) meski volume kendaraan diperkirakan turun sampai separuh dari kebiasaan harian.

Tundjung Iswandaru Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya menyebut, melihat Nataru periode sebelum-sebelumnya, selalu lebih lengang karena banyak kendaraan ke luar kota.

“Sekarang kalau kita lihat banyak orang yang keluar, biasanya Surabaya kalau Nataru justru lebih lengang karena orang banyak yang keluar dari pada yang masuk,” kata Tundjung, Selasa (26/12/2023).

Persentase penurunan volume kendaraan itu diperkirakan mulai 30 sampai 40 persen dari biasanya.

“Secara angka saya belum tahu tapi bisa turun 30 persen sampai 40 persen saat Natal dan Tahun Baru,” imbuhnya.

Meski penurunan itu akan melengangkan lalu lintas, tapi Tundjung menyebut petugas mewaspadai kepadatan tempat wisata.

“Penumpukanya ada di tempat wisata, Kebun Binatang Surabaya ramai tapi hanya KBS saja, (dan beberapa tempat wisata), tempat lain lengang,” bebernya.

Tundjung menyebut, ada 300 personel dishub yang bertugas membantu polisi untuk pengaturan arus lalu lintas di Surabaya selama Nataru.

“Nataru Surabaya Akan ramai, nanti pastinya akan ramai. Dishub (akan menurunkan) sekitar 300 personel, fokusnya pengaturan dan bantu polisi yang penertiban Kota Surabaya,” tandasnya.

Pantauan suarasurabaya.net, pengunjung KBS membludak hampir 30 ribu per harinya selama dua hari libur Natal yaitu pada 24 Desember dan 25 Desember 2023.

Kawasan parkir yang seharusnya ada di dalam pun tumpah sampai ke badan jalan depan KBS. (ita/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs