Rabu, 8 Mei 2024

Wali Kota Harap Duta Wisata Cak dan Ning Angkat Nama Surabaya hingga Kancah Internasional

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tio Ferdian dari Kecamatan Tambaksari dan Azelia Putri dari Kecamatan Tegalsari yang terpilih sebagai Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023, dalam acara grand final pemilihan di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023) malam. Foto: Pemkot Surabaya

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya berharap Duta Wisata Cak dan Ning bisa terus mengenalkan tempat-tempat edukasi dan wisata di Kota Pahlawan.

Hal itu disampiakannya waktu bersama Rini Indriyani Ketua Tim Penggerak PKK Kota Surabaya, menghadiri grand final Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Kota Surabaya 2023 yang diikuti 15 pasangan finalis, di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023) malam.

Menurut Eri, saat ini Kota Surabaya semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat wisata baru di Kota Pahlawan, seperti Romokalisari Adventure Land dan Kebun Raya Mangrove.

“Bahkan hari ini, bisa kita lihat di Taman Surya, kalau Sabtu malam Minggu sampai 8.000 orang yang datang di Taman Surya,” ujar Eri seperti dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Minggu (19/11/2023).

15 pasangan finalis berfoto bersama usai pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023 di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023) malam. Foto: Pemkot Surabaya , di Taman Surya, Balai Kota Surabaya, Sabtu (18/11/2023) malam. Foto: Pemkot Surabaya

Oleh karena itu, dia minta Cak dan Ning Surabaya mengetahui tempat-tempat wisata baru di Surabaya itu. Tidak hanya pesona wisata alamnya, tapi juga nilai-nilai sejarah Surabaya sebagai Kota Pahlawan.

Terlebih, banyak tempat destinasi wisata bersejarah di Kota Surabaya. Seperti di antaranya, rumah lahir Presiden Pertama Republik Indonesia (RI), Soekarno (Bung Karno), Rumah HOS Tjokroaminoto hingga Jembatan Merah yang menjadi saksi bisu perjuangan arek-arek Suroboyo melawan penjajah.

“Maka tugas Cak dan Ning adalah ketika orang masuk ke Kota Surabaya, maka semangat pahlawannya harus terasa, maka aura kepahlawanannya harus terasa,” ujarnya.

Dia optimis, Duta Wisata Cak dan Ning mampu mengenalkan Surabaya lebih baik, tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga internasional. Tentunya hal ini perlu didukung semangat dan kerja keras Paguyuban Cak dan Ning Surabaya.

“Ayo kita bangun Surabaya dengan kekuatan pemilihan Cak dan Ning ini. karena Cak Ning ini adalah duta-duta pilihan Kota Surabaya yang memiliki kelebihan – kelebihan terkait dengan Kota Surabaya,” katanya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya itu berpesan, Cak dan Ning supaya mengubah Surabaya menjadi lebih baik dengan semangat kepemudaan. Pemuda, kata dia, adalah agen perubahan untuk Kota Surabaya menjadi lebih baik lagi.

“Saya berharap di pundaknya Paguyuban Cak Ning, bisa membimbing adik-adiknya, bisa mengangkat nama Kota Surabaya dan Paguyuban Cak dan Ning harus bisa menyatukan pemuda-pemudi di Kota Surabaya,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, pada tahun 2023, tema yang diusung dalam Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023 yakni Kedigdayaan Arek Suroboyo. Tema tersebut melambangkan ciri khas arek Suroboyo yang memiliki jiwa kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif, dan inovatif.

Setelah melalui serangkaian proses yang panjang, tim juri memutuskan Tio Ferdian dari Kecamatan Tambaksari dan Azelia Putri dari Kecamatan Tegalsari, sebagai Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya 2023. (bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Rabu, 8 Mei 2024
25o
Kurs