Sabtu, 4 Mei 2024

Wali Kota Surabaya Minta Warga Tak Protes Tarif Surabaya Night Zoo 75 Ribu

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Surabaya Night Zoo saat dilakukan trial sebelum menuju grand launching, Minggu (21/5/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Wali Kota Surabaya minta warga lokal tidak protes atas tarif Surabaya Night Zoo Rp75 ribu sesudah dipotong 25 persen bagi KTP Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, harga tiket yang seharusnya Rp100 ribu kemudian dipangkas menjadi Rp75 ribu khusus warga Surabaya, sudah sesuai dengan kualitas yang ditawarkan Kebun Binatang Surabaya (KBS).

“Surabaya Night Zoo sudah dibuat. Khusus warga Surabaya potongan 25 persen. Sudah dievaluasi, hasilnya peminat banyak sampai dibatasi (jumlah pengunjung),” katanya, pada Rabu (28/6/2023).

Ia menyebut, penetapan harga potongan itu juga sudah disesuaikan dengan penghitungan kebutuhan pakan dan perawatan satwa.

“75 ribu kalau kita lihat lainnya, Taman Safari Rp176 ribu. Ini bukan terlalu mahal. Bagaimana kita menyediakan makan, alur, keeper (penjaga satwa), butuh tenaga dan biaya.  Jangan bicara mahal-mahalnya. Harga pakan hewan apa tidak naik. Pasti naik, kalau perawatan ke hewan naik. Kalau ingin (wisata) bagus, bersih, sehat, ya harus meningkatkan kualitas maka naikkan harga,” ujar Eri.

Apalagi ke depan, Eri juga menjanjikan Surabaya Night Zoo akan tersambung dengan wisata malam terowongan penghubung Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) dan Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang ditarget tuntas tahun ini.

“Kita lagi buat saluran bawah tamah TIJ-KBS. Insya Allah di gedungnya ada permainan anak-anak yang terhubung dengan Jembatan Ujung Galuh, ada UMKM. Kita lagi tata. Itu wisata malam,” tandasnya.

Sekedar diketahui, SNZ resmi dibuka Minggu (25/6/2023) malam. Manajemen KBS mengklaim banyak peminat bahkan melebihi kapasitas sehingga ada yang harus ditolak hadir saat launching.

Beberapa hal masih dievaluasi manajemen misalnya perilaku pengunjung saat bertemu hewan nokturnal yan diampilkan selama SNZ.

Namun tenyata unggahan berita itu di akun instagram @suarasurabayamedia ramai mengundang komentar nettizen. Banyak yang mempermasalahkan harga tiket karena dinilai cukup mahal. Meski tak sedikit pula yang setuju.

“Meskipun diskon gak mau dibelain datang. Anakku tiga, suamiku, aku,” tulis @yuniarumrohhanita_ummuzubair

“Aku wong (warga) Suroboyo (Surabaya). Tapi masalah wisata mending (lebih baik) nang (ke) Batu Malang podo-podo (sama-sama) Rp75 ribu tapi fasilitas lengkap,” @pinastikadita ikut berkomentar. (lta/dvn/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Sabtu, 4 Mei 2024
32o
Kurs