Jumat, 14 Juni 2024

Warga Asemrowo Bersihkan Sampah yang Menyumbat Saluran Air

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Saluran di Tambak Dalam, Asemrowo yang tertutup parit dan sampah dibersihkan warga dalam kegiatan Surabaya Bergerak, Minggu (29/1/2023). Foto: Ilham Lurah Asemrowo via WA SS

Ratusan warga dari RW 6 RT 10 dan RW 5 RT 1 sampai 10, Kelurahan Asemrowo, Kecamatan Asemrowo, Surabaya, hari ini, Minggu (29/1/2023) melakukan kerja bakti dalam Program Surabaya Bergerak.

Ilham Sampurno Lurah Asemrowo mengatakan, fokus kerja bakti hari ini mencari titik penyebab banjir di wilayah tersebut, imbas hujan deras pada Rabu (25/1/2023) lalu.

Hujan deras yang turun di Surabaya membuat genangan tidak surut hingga berjam-jam dan masuk ke rumah-rumah warga.

Setelah ditelusuri, ternyata ada saluran sepanjang kurang lebih 3 meter di wilayah Tambak Dalam Baru yang tertutup parit dan sampah. Saluran ini, kata Ilham, merupakan saluran ujung yang apabila tersumbat dampaknya membuat genangan sulit surut. Dampak tersumbatnya tidak hanya dirasakan warga sekitar tapi juga di kelurahan lain.

“Yang menentukan deras arus aliran airnya di sini. Karena mulek (tersumbat) di dalam kampung, akhirnya genangan sampai beberapa jam, bisa 5 jam lebih. Kasihan warga,” ujarnya saat mengudara di Radio Suara Surabaya.

Saluran di Tambak Dalam, Asemrowo yang sudah dibersihkan dalam kegiatan Surabaya Bergerak, Minggu (29/1/2023). Foto: Ilham Lurah Asemrowo via WA SS

Saat saluran tersebut dibersihkan, ada tumpukan sampah plastik, rumput yang menghalangi aliran air, helm, jok sepeda motor hingga ban bekas.

“Kemungkinan (sampah) terbawa aliran, punya warga, hanyut, ada parit terus nyangkut. Banyak kayu juga, kemarin juga cukup banyak genangannya,” jelas Ilham.

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, ke depannya Ilham meminta warga lebih proaktif membersihkan lingkungannya secara rutin.

Seperti diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(dfn/rid)

Berita Terkait

..
Surabaya
Jumat, 14 Juni 2024
29o
Kurs