Selasa, 30 April 2024

18.892 Pemudik Padati Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Puluhan orang nampak mengantre menuju ke kapal melalui Terminal Penumpang GSN Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (16/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dilalui 18.892 pemudik pada arus balik lebaran 2024, Selasa (16/4/2024) sore. Belasan ribu pemudik itu terdiri dari penumpang naik dan turun.

Dhany Rachmat Agustian General Manager Kalimas dan Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN) mengatakan, arus balik di pelabuhan sudah berlangsung sejak tadi pagi.

“Sementara sampai sore hari ini ada 6.880 penumpang datang dan 12.012 penumpang turun,” kata Dhany Selasa sore.

Suasana kepadatan penumpang yang baru turun menuju ke Terminal Penumpang GSN Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Selasa (16/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Apabila mengacu pada data tahun 2023 lalu, bakal ada lonjakan penumpang atau arus balik susulan selama beberapa hari yang diprediksi terjadi pada H+9 atau Jumat (19/4/2024) hingga H+11 atau Minggu (21/4/2024).

“Memang itu prediksi kami arus baliknya hari ini tetapi melihat situasi di lapangan sepertinya terus akan bergilir gelombang,” ujarnya.

Dhany menyatakan, adanya arus mudik susulan itu karena faktor waktu tempuh kapal dengan rute wilayah Indonesia bagian Timur yang memakan waktu hingga beberapa hari.

“Seperti dari Sorong itu memakan waktu perjalanan sekitar empat hari, sehingga menyesuaikan dengan jadwal kedatangannya,” ucapnya.

Kemudian pada arus balik kali ini, pihak pelabuhan bakal berkoordinasi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya untuk mengurai kepadatan di titik-titik parkir.

Sebab pada situasi puncak arus balik, akan banyak kendaraan pribadi maupun travel yang mengantar pemudik menuju pelabuhan.

Selain itu, lanjut Dhany, langkah antisipasi lainnya adalah mengurangi penumpukan penumpang di area keberangkatan. Yakni dengan cara memperpanjang waktu penjagaan dari yang semula dua jam menjadi empat jam sebelum kedatangan kapal.

“Jadi empat jam sebelum kapal datang kami masukkan penumpang agar tidak terjadi penumpukan di sekitaran pelabuhan,” ujarnya.

Pihak pelabuhan telah mencatat jumlah penumpang selama arus mudik lebaran sejak H-15 hingga H+5 telah mencapai angka 134.813 orang. Jumlah tersebut lebih tinggi dibanding tahun lalu.

“Lebih tinggi 11,91 persen dibanding dengan arus balik tahun 2023 yang mencapai 120.463 orang,” jelas Dhany.(wld/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version