Selasa, 7 Mei 2024

3.000 Lebih Warga Indonesia Rayakan Lebaran di Wisma Duta Besar RI di Tokyo

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana sholat Idul Fitri di Wisma Duta Besar RI Tokyo, pada Rabu, 10 April 2024. Foto: HO-Dubes RI.

Warga muslim Indonesia di Jepang merayakan Idulfitri 1445 Hijriah dengan kegiatan Salat Id dan silaturahmi di kediaman (wisma) Duta Besar RI Tokyo, Rabu (10/4/2024) kemarin, yang digelar oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo.

Dalam kesempatan itu, ada lebih dari 3.000 warga dan diaspora Indonesia yang mengantre dengan rapi untuk dapat bersilaturahmi langsung dengan Heri Akhmadi Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang.

Silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo ini dilangsungkan setelah pelaksanaan Salat Id di Masjid Indonesia Tokyo (MIT) dan Balai Indonesia, Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT).

Heri Akhmadi yang didampingi Nuning Akhmadi istrinya, mengaku bersuyukur atas terselenggaranya Silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo yang digelar untuk kali pertama pascapandemi Covid-19. Kegiatan serupa terakhir dilaksanakan KBRI Tokyo pada Idulfitri tahun 2019.

Dia mengatakan, Lebaran kali ini diberkahi dengan matahari yang terang dan Sakura yang mekar pada puncaknya. Sehingga, kekhidmatan beribadah diiringi dengan suasana cerah dan gembira.

“Kami sangat bersyukur dengan anugerah ini bagi WNI di Jepang. Ini open house pertama setelah sebelumnya dibatasi oleh pandemi Covid-19,” kata Heri Dubes seperti dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, Kamis (11/4/2024).

Ia juga mengajak para warga agar tetap menjalin silaturahmi dan memperkuat kerukunan, serta terus menjaga nama baik Indonesia.

Selain itu, dengan meningkatnya jumlah warga Indonesia, Heri ingin mendorong warga Indonesia lebih meningkatkan silaturahmi dan gotong royong.

“Saya pastikan, KBRI Tokyo senantiasa melakukan pemberdayaan dan pelindungan Warga Negara Indonesia di Jepang. Serta jangan lupa Lapor Diri di Portal Peduli WNI bagi yang belum,” tambahnya.

Untuk mengurangi kepadatan antrean warga di jalur jalan menuju Wisma Duta, Aula Gedung KBRI Tokyo dibuka untuk menampung ribuan WNI yang ikut dalam gelaran Silaturahmi Lebaran KBRI Tokyo ini.

Usai bersalaman dan berfoto dengan Dubes Indonesia untuk Jepang itu, para warga berkesempatan menikmati hidangan kuliner Nusantara.

“Acaranya seru dan hangat banget. Apalagi kita jauh dari rumah. Senang bisa kumpul bersama orang-orang Indonesia,” kata Kiara, salah satu WNI yang sudah dua tahun tinggal di Tokyo.

Sebelum Silaturahmi Idul Fitri digelar di Wisma, Dubes Heri mengikuti Shalat Idul Fitri 1445 Hijriyah bersama lebih dari 3.500 orang WNI di Masjid Indonesia Tokyo (MIT) dan Balai Indonesia yang berada di lingkungan Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Rabu pagi (10/4/2024).

Pelaksanaan sholat ied tersebut, ada imam dalam empat gelombang shalat yakni Habib Rifqi Alhamid, Ustaz Akhrie Rabbani, Ustaz M. Hanif, dan Ustaz Ijal Al-Kindi.

Lebih lanjut, Dubes Heri mengatakan Idulfitri adalah momentum mempererat silaturahmi antar warga dan diaspora Indonesia di Jepang.

Ia menambahkan, bahwa Salat Id ini juga merupakan puncak rangkaian kegiatan Ramadan dan Idulfitri hasil kerja sama KBRI Tokyo dengan KMII Jepang dan MIT.

Dalam khutbahnya Habib Rifqi Alhamid selaku Khatib mengajak warga Muslim Indonesia di Jepang untuk terus lebih meningkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT, serta perkuat silaturahmi dan perbanyak amal kebaikan.

Selama Ramadan 1445 Hijriah, KBRI Tokyo, KMII Jepang, dan Dewan Kemakmuran MIT menyelenggarakan berbagai kegiatan, di antaranya Salat Tarawih, Ramadan Ceria, serta Tablig Akbar sekali dalam sepekan.

Selain di MIT, Shalat Idulfitri juga digelar oleh warga dan diaspora Indonesia di Tokyo, di antaranya di Masjid Nusantara di Akihabara dan Masjid Al-Ikhlas di Kabukicho.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini, hadir pula sejumlah tamu undangan kalangan diplomatik dan friends of Indonesia di antaranya Ali Andika Wardhana Koordinator Fungsi Politik/Ketua Panitia Ramadan dan Idul Fitri, Meinarti Fauzie Koordinator Fungsi Penerangan Sosial Budaya, dan pejabat KBRI Tokyo lainnya.

Kemudian, hadir pula Zahrul Muttaqin Ketua Keluarga Masyarakat Islam Indonesia, Jepang, Muhammad Muharram Hidayat Ketua Dewan Kemakmuran MIT, Kepala Perwakilan BI Tokyo, BNI Tokyo, Pertamina Tokyo serta Garuda Indonesia Tokyo. (sya/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
33o
Kurs