Minggu, 14 Juli 2024

495 Pejabat di Lingkungan Pemkab Sidoarjo Akhirnya Dilantik pada Sabtu Sore

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo melantik Fenny Apridawati sebagai Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa di Jalan Cokronegoro nomor 1, Sidoarjo, Sabtu (27/4/2024). Foto: Istimewa

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo melakukan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan terhadap ratusan pejabat pada Sabtu (27/4/2024) sore hari ini.

Undangan pelantikan ini tertuang dalam surat Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sidoarjo nomor 000/1109/438.6.4/2024. Surat tersebut diteken oleh Budi Basuki Kepala BKD Sidoarjo.

Surat tersebut berisi undangan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Pengukuhan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Sekolah di lingkungan Pemkab Sidoarjo pada 2024.

Berdasarkan surat tersebut, pelantikan dilaksanakan pada Sabtu sore mulai pukul 15.00 WIB di Pendopo Delta Wibawa di Jalan Cokronegoro nomor 1, Sidoarjo.

Surat undangan pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pengawas, serta Pengukuhan Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah Satuan Pendidikan Sekolah di lingkungan Pemkab Sidoarjo pada Sabtu, 27 April 2024. Foto: Istimewa

Berdasarkan informasi yang beredar di kalangan media di Sidoarjo, pelantikan dilaksanakan di tiga lokasi. Selain di Pendopo Delta Wisata, juga dilakukan pelantikan secara virtual online di SMPN 2 Sidoarjo dan SMPN 4 Sidoarjo.

Tercatat 495 pejabat dilantik pada Sabtu sore. Terdiri dari empat Pejabat Pimpinan Tertinggi Pratama. Mulai dari Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sidoarjo, Kepala Dinas Perikanan Sidoarjo, dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah Sidoarjo

Selain itu, terdapat 69 Pejabat Administrator, 158 Pengawas, 237 Kepala Sekolah Dasar Negeri dan 27 Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri yang juga dilantik pada Sabtu sore hari ini.

Sebelumnya, ratusan pejabat di lingkungan Pemkab Sidoarjo yang dilantik pada 22 Maret 2024, dibatalkan pengangkatannya untuk memenuhi ketentuan Surat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tanggal 29 Maret 2024.

Baca juga: Pelantikan Ratusan Pejabat Pemkab Sidoarjo Dibatalkan, Selanjutnya Tunggu Izin Mendagri

Baca juga: Sekda: Pelantikan 495 Pejabat Sidoarjo Sudah Dapat Lampu Hijau Mendagri

Surat Menteri Dalam Negeri tersebut mencantumkan tanggal terakhir penggantian pejabat adalah 22 Maret 2024, enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon kepala daerah 22 September 2024.

Ketika dikonfirmasi oleh suarasurabaya.net, Fenny Apridawati Sekretaris Daerah Kabupaten Sidoarjo membenarkan terkait pelantikan Sabtu sore.

Dia menyatakan pelantikan dilaksanakan karena sudah mendapatkan lampu hijau dari Mendagri, Jumat (26/4/2024) kemarin.

“(Suratnya) sudah kami ambil pada kemarin sore,” tulis Fenny dalam pesan singkatnya pada Sabtu sore.

Fenny juga menyebutkan, Mendagri melalui suratnya, secara prinsip menyetujui Bupati Sidoarjo untuk melaksanakan pengangkatan dan pelantikan pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator, pejabat pengawas, serta kepala sekolah.(saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Minggu, 14 Juli 2024
23o
Kurs