Kamis, 25 Juli 2024

81.000 Penumpang Kapal Sudah Mudik Melalui Pelabuhan Tanjung Perak

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Salah satu kapal yang berangkat dari Terminal GSN pada sore pukul 16.00 WIB, Sabtu (6/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sebanyak 81.562 penumpang kapal naik dan turun telah memadati arus mudik di Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN), Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Sabtu (6/4/2024).

Dhany Rahmat Agustian General Manager Gapura Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang GSN mengatakan puncak arus mudik di pelabuhan sudah terjadi lebih awal pada H-7 Hari Raya Idulfitri pada Rabu (3/4/2024) kemarin dengan 14 ribu penumpang.

“Sampai dengan kemarin itu sudah ada 81.562 jiwa dan itu untuk puncak arus mudiknya itu pada H-7 tgl 3 April kemarin itu sekitar 14.591 orang,” kata Dhany kepada suarasurabaya.net.

Dhany menjelaskan, rincian 81 ribu lebih penumpng itu, yang turun dari Terminal Penumpang GSN ada 57.176 orang. Sementara penumpang naik mencapai 24.386 orang.

“Jadi banyak yang mudik (pulang) ke Jawa ya,” ucapnya.

KM Dharma Ferry VII yang baru sandar di Terminal GSN setelah perjalanan dari Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (6/4/2024). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Sementara itu, penumpang yang turun di GSN didominasi pemudik yang merantau di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Makassar, Sulawesi Selatan, dan Balikpapan, Kalimantan Timur.

Sedangkan untuk penumpang yang naik dari Terminal GSN ingin menuju ke lokasi wisatawan, salah satunya Pulau Lombok. Kemudian disusul tujuan ke Makassar dan Balikpapan.

“Yang berangkat kebanyakan ke wisatawan ya, ke Lombok mereka,” tutur Dhany.

Pantauan suarasurabaya.net sejak pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB suasana pemudik di Terminal GSN cukup ramai di ruang tunggu.

Begitu juga dengan keberangkatan kapal sudah berlangsung sejak lagi tadi, namun pada siang hingga sore ini ada dua kapal berangkat dan satu bersandar yang berasal dari Balikpapan.

“Untuk kapal yang diperbantukan oleh operator kapal swasta maupun BUMN itu ada 37 kapal semuanya,” kata Dhany. (wld/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Kamis, 25 Juli 2024
31o
Kurs