Rabu, 1 Mei 2024

Akhir Pekan, Sebagian Wilayah Jatim Berpotensi Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: PIxabay

Sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) diprakirakan hujan intensitas sedang hingga ringan disertai petir, Sabtu (13/4/2024) hari ini.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, memprakirkan hujan akan turun dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir pada siang hingga malam hari.

Siang hingga sore, hujan akan mengguyur wilayah Mojokerto, Jombang, Nganjuk, Madiun, Pacitan, Trenggalek, Kabupaten/Kota Blitar, Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo dan Lumajang.

Sementara malam hari, kawasan yang turun hujan yakni Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Trenggalek dan Lumajang.

Suhu udara Jatim, hari ini berkisar antara 15 hingga 34 derajat celcius dengan kelembapan udara 55 – 100 persen. Angin dominan berhembus dari selatan ke tenggara dengan kecepatan lima sampai 20 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak juga memprakirakan ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang berpeluang terjadi diseluruh wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 14 knots (25 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 18 knot (33 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.2-1.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.8-1.8 meter. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
28o
Kurs