Senin, 29 April 2024

Akhir Pekan, Surabaya dan Sebagian Besar Jatim Berpotensi Hujan Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Hujan diprakirakan melanda sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) pada akhir pekan, Sabtu (3/2/2024) hari ini, dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, memprakirakan hujan turun seharian pada pagi hingga malam hari.

Pagi hari, wilayah yang turun hujan yakni Sidoarjo, Gresik, Tuban, Nganjuk, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Sementara pada siang hingga sore, hujan akan mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten/Kota Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten/Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kota Blitar, Kabupaten/Kota Kediri, Kabupaten/Kota Malang, Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Pamekasan dan Sampang.

Untuk malam hari, hujan masih akan berlanjut mengguyur wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Lumajang.

Suhu udara Jatim hari ini berkisar 15 hingga 32 derajat celcius dengan kelembapan udara 65-100 persen. Angin dominan berhembus dari barat ke barat daya dengan kecepatan lima sampai 30 kilometer per jam.

Di sisi lain, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan ada potensi hujan ringan hingga sedang yang terjadi di sebagian besar wilayah perairan Jatim.

Arah angin didominasi dari barat ke barat laut, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 16 knot (29 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.1-0.5 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.8-1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0.1-2.3 meter. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
26o
Kurs