Rabu, 1 Mei 2024

BMKG Juanda Imbau Warga Waspada Cuaca Ekstrem di Jawa Timur pada 30 Januari-5 Februari

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem di beberapa wilayah Jawa Timur (Jatim) pada periode 30 Januari-5 Februari 2024.

Berdasarkan keterangan yang diterima suarasurabaya.net pada Senin (29/1/2024), cuaca ekstrem tersebut berpotensi mengakibatkan terjadinya bencana hidrometeorologi berupa banjir, tanah longsor, angin kencang, puting beliung, serta hujan es.

Sejumlah wilayah di Jatim yang berpotensi terjadi bencana hidrometeorologi antara lain Bangkalan, Banyuwangi, Batu, Kota Blitar, Bondowoso, Gresik, Jombang, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Lamongan, Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Magetan, Kota Malang, Kota Mojokerto, Nganjuk, Ngawi, Pacitan, Pamekasan dan Kota Pasuruan.

Selain itu, juga di Ponorogo, Kota Probolinggo, Sampang, Sidoarjo, Situbondo, Sumenep, Surabaya, Trenggalek, Tuban, Tulungagung, Kabupaten Kediri, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Blitar, Bojonegoro, Jember, dan Lumajang.

Taufiq Hermawan Kepala BMKG Juanda mengatakan, pada saat ini sebagian wilayah Jawa Timur telah memasuki puncak musim hujan.

“Adanya Monsun Asia Musim Dingin yang diasosiasikan sebagai musim angin baratan mulai menunjukkan dampaknya terhadap potensi peningkatan massa udara basah khususnya wilayah Jawa Timur,” katanya.

Hal ini juga didukung adanya daerah konvergensi atau pertemuan angin yang mendukung terbentuknya pumpunan awan hujan di wilayah Jawa Timur.

“Pada 3–5 Februari 2024 diprakirakan adanya aktvitas dari Gelombang Atmosfer Kelvin yang melintasi wilayah Jatim. Sehingga berpotensi mengakibatkan peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Jatim dalam sepekan kedepan,” imbuhnya.

BMKG Juanda mengimbau masyarakat dan instansi terkait agar senantiasa waspada terhadap potensi cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang selama sepekan ke depan. (sya/man/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs