Sabtu, 27 April 2024

BMKG Bekali KPU Peta Potensi Cuaca Ekstrem saat Distribusi Logistik Pemilu

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto : Grafis suarasurabaya.net Ilustrasi cuaca ekstrem. Foto : Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Juanda membekali Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait potensi-potensi cuaca ekstrem saat proses distribusi logistik Pemilu 2024 di wilayah kepulauan dan perbukitan, mengingat saat ini sedang memasuki puncak musim penghujan.

Taufik Hermawan Kepala Stasiun BMKG Juanda mengatakan, pihaknya sudah diundang rapat oleh KPU Jawa Timur (Jatim) terkait hal tersebut.

Dia menjelaskan, di Jatim sendiri ada beberapa wilayah kepulauan seperti yang berpotensi terjadi gelombang ombak tinggi selama masa distribusi logistik pemilu itu, seperti di Pulau Kangean, Masalembu, Bawean dan masih banyak lagi.

“Teman-teman KPU (untuk distribusi logistik) menggunakan kearifan-kearifan lokal yang lainnya, seperti nelayan yang sudah berpengalaman di daerah itu, untuk distribusi-distribusi alat-alat Pemilu. Tetapi, untuk kondisi cuaca, teman-teman KPU tetap berpegang dari data BMKG,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (2/2/2024).

Sementara untuk wilayah rawan lain seperti wilayah pegunungan, Taufik menjelaskan juga patut diwaspadai karena rawan longsor di puncak musim penghujan ini.

Dia mencontohkan daerah seperti Malang, Jombang, Mojokerto dan Pacitan perlu kewaspadaan lebih pada musim hujan Februari ini, karena memiliki banyak daerah perbukitan.

“Nah ini ke potensi untuk longsor-nya ini kan memang lebih tinggi daripada daerah-daerah yang tidak memiliki daerah perbukitan. Jadi kondisi-kondisi seperti itu yang kami sampaikan untuk waspadaan,” jelasnya. (bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs