Rabu, 1 Mei 2024

Antisipasi Banjir, Pemkab Sidoarjo Siagakan Rumah Pompa dan Normalisasi 11 Sungai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Excavator melakukan normalisasi sunagi di Dam Pajerakan, Sidoarjo untuk antisipasi banjir. Foto: Diskominfo Sidoarjo

Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo menyiagakan rumah pompa 24 jam dan mengerahkan alat berat untuk normalisasi 11 sungai yang masuk titik rawan banjir.

Ke-11 sungai itu yakni, dam Dungus, dam Kepuh Kemiri, saluran sekunder Karang Tanjung, afvoer Kemendung Sidodadi, Saluran Dekat Museum Empu Tantular, anak afvoer Buntung Desa Sidodadi Taman, afvoer Gedangrowo Desa Banjarpanji, saluran sekunder Pagerwojo Desa Karangtanjung, saluran sekunder Desa Candi Pari, saluran sekunder Ketawang Desa Jumputrejo, dan dam Pejarakan.

“Normalisasi sungai ini merupakan langkah strategis dalam mencegah banjir terutama di titik rawan banjir. Kami berharap dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap potensi bencana banjir yang terjadi daerah ini,” ucap Ahmad Muhdlor Bupati Sidoarjo dalam keterangannya, Sabtu (20/1/2024).

Gus Muhdlor sapaan akrabnya juga mengimbau agar masyarakat ikut berperan dalam menjaga kebersihan sungai agar jauh dari sampah.

“Mari kita jaga bersama-sama sungai kita, dengan tidak membuang sampah di sungai. Harapannya seluruh lapisan masyarakat maupun pemerintah ikut berperan dalam menjaga dan merawat sungainya masing-masing untuk mencegah banjir,” tuturnya.

Sementara Wahib Achmadi Kepala Bidang Ketahanan Drainase Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Sumber Daya Air (PUBMSDA) Sidoarjo mengatakan, pekerjaan normalisasi mencakup mencakup pembersihan sungai, perbaikan tanggul, dan pengaturan alur sungai untuk memastikan aliran air yang lancar dan terkendali.

“Ada beberapa yang termasuk saluran sekunder irigiasi yang sudah pendangkalan dan ditumbuhi enceng gondok sehingga kami membersihkan eceng gondong tersebut dan melakukan penggalian sungai rata-rata pada kedalaman 0.5 meter sampai 1 meter,” jelasnya.

Wahib juga menambahkan masing-masing sungai yang dilakukan normalisasi tersebut di kerahkan alat berat sebanyak satu unit. “Alat berat di masing-masing sungai yang kami normalisasi ada 1 unit alat berat,” pungkasnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs