Senin, 20 Mei 2024

ASDP Siapkan Tempat Parkir Guna Atasi Kemacetan di Pelabuhan Ketapang

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Parkir di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Parkir di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Foto: Antara

PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, telah mempersiapkan tempat parkir guna mengatasi kemacetan di pintu masuk pelabuhan saat arus balik Idulfitri 1445 Hijriah.

Syamsudin General Manajer PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk mengemukakan pihaknya telah menyiapkan dua lokasi parkir sementara di dua sisi pelabuhan, yakni dari arah Situbondo-Ketapang lokasi parkir dipilih di Terminal Sri Tanjung, dan di Bulusan (arah Kota Banyuwangi-Ketapang).

“Pastinya kami mengoptimalkan kantong parkir (bufferzone) di Terminal Sri Tanjung dan kantong parkir yang ada di Bulusan, untuk arus balik Lebaran,” katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat (12/4/2024).

Syamsudin pun menjelaskan kantong parkir disiapkan sebagai upaya antisipasi terjadi kemacetan arus lalu lintas di depan pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Ketapang-Gilimanuk.

Selain itu, ASDP juga berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menyiapkan tampungan kendaraan sementara sebelum ke pelabuhan agar tidak terjadi antrean di jalan raya.

“Sarana prasarana dipersiapkan untuk memperlancar jalannya arus balik Lebaran 2024. Untuk arus balik H+1 hari ini masih landai, kami prediksi arus balik pada Sabtu (13/4/2024) dan Ahad (14/4/2024),” kata Syamsudin.

Tidak hanya itu, ada puluhan kapal feri dan tujuh dermaga yang melayani penyeberangan Ketapang-Gilimanuk, yakni tiga dermaga movable bridge atau dermaga bergerak, satu dermaga ponton dan satu dermaga LCM (landing craft mechine).

Lebih lanjut, PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Ketapang-Gilimanuk mencatat sejak 31 Maret-10 April 2024 atau H-10 hingga Hari Lebaran (H1) pemudik menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk (Bali) ke Pelabuhan Ketapang mencapai 487.014 orang. (ant/sya/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
32o
Kurs