Jumat, 25 Oktober 2024

Australia-Indonesia Rayakan 75 Tahun Hubungan Diplomatik dengan Makanan dan Pertukaran Budaya

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Demo memasak dalam rangka merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Australia-Indonesia di Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Jumat (21/6/2024). Foto: Risky suarasurabaya.net

Konsulat Jenderal Australia mengadakan taste of Australia atau demo memasak di Universitas Ciputra (UC) Surabaya, pada Jumat (21/6/2024).

Anthea Griffin Konsul Jenderal Australia di Surabaya mengatakan, kegiatan itu merupakan bagian dari perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Australia-Indonesia.

“Hubungan di antara kami mencakup banyak bidang, namun tidak ada keraguan bahwa kecintaan kami terhadap makanan menyatukan kami dengan cara yang istimewa,” katanya di UC Culinary Business Faculty, Surabaya.

Makanan dipilih, kata dia, karena masakan Australia mencerminkan masyarakat Australia, dengan perpaduan multikultural antara budaya, kepercayaan dan cita rasa.

“Kegiatan ini menampilkan berbagai kegiatan menarik yang menegaskan posisi Australia sebagai pusat produk dan masakan kelas dunia, yang dapat disaksikan melalui demonstrasi memasak,” bebernya.

Dalam demo memasak itu, Konsul Jenderal Australia menghadirkan Chef Brent Draper yang merupakan pemenang Master Chef Australia 2023. Chef Draper memakai pengaruh Indonesia ke dalam masakannya.

“Kami sangat senang bisa merayakan tonggak penting dalam hubungan Australia-Indonesia melalui taste of Australia-Indonesia 2024. Acara ini tidak hanya menampilkan hasil bumi dan bakat kuliner terbaik Australia, tetapi juga menyoroti ikatan pendidikan dan budaya yang kuat antara negara kita,” jelasnya.

Sementara itu, Chef Brent Draper mengungkapkan, dalam demo memasak tersebut, dirinya memasak daging domba dengan perpaduan bumbu dari Australia dan Indonesia.

Bahan-bahan yang ia gunakan dalam memasak, yakni potongan daging domba, tepung terigu, roti panko, telur, yogurt yunani, kunyit, daun bawang, jeruk nipis, madu, cabai, daun kari, bawang merah, bawang putih, minyak sayur, dan garam laut serta merica.

“Ini adalah kegiatan yang bagus, menyuguhkan masakan otentik, merayakan multikulturalisme bangsa dan warisan kuliner yang kaya,” ucapnya.

Seperti diketahui, selain diadakan di Surabaya untuk merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Australia-Indonesia, Konjen Australia juga akan mengadakan taste of Australia di Jakarta.(ris/iss/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Teriknya Jalan Embong Malang Beserta Kembang Tabebuya

Bunga Tabebuya Bermekaran di Merr

Kebakaran Pabrik Plastik di Kedamean Gresik

Surabaya
Jumat, 25 Oktober 2024
36o
Kurs