Kamis, 30 Mei 2024

Bandara Harun Thohir Bawean Segera Tambah Frekuensi Penerbangan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Bandar Udara (Bandara) Harun Thohir Bawean. Foto: Humas Kemenhub RI Ditjen Perhubungan Udara Bandar Udara (Bandara) Harun Thohir Bawean. Foto: Humas Kemenhub RI Ditjen Perhubungan Udara

Tata Surya Kepala Bandar Udara (Bandara) Harun Thohir menyatakan segera menambah frekuensi penerbangan pesawat perintis bersubsidi untuk lebih menggenjot pariwisata di Pulau Bawean.

“Hal itu sudah kami sampaikan ke tingkat 2, yakni pemerintah daerah dalam hal ini Bupati Gresik, jika frekuensi penerbangan di Bandara Harun Thohir sangat tinggi maka perlu ditambah. Dan Pak bupati sangat antusias,” ucap Tata, dilansir Antara pada Selasa (26/3/2024).

Skemanya, kata Tata, jika Bandara Harun Thohir saat ini didanai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) maka dukungan dari pemda menggunakan milik daerah yakni APBD.

“Hal itu bisa dilakukan untuk menambah frekuensi penerbangan di Bandara Harun Thohir ini melalui subsidi pemerintah daerah,” ujarnya.

Hal tersebut merupakan solusi yang dirasa efektif, karena jika mengganti dengan model pesawat Avions de Transport Regional (ATR) maka dipastikan tidak akan bisa.

“Karena memang panjang landasannya hanya 930 meter dan lebar 23, jadi tidak bisa di Bandara Harun Thohir,” ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, dengan kapasitas 12 penumpang maka dapat disimpulkan bahwa penerbangan di Bandara Harun Thohir sangat tinggi.

“Karakter di Bandara Harun Thohir meski tidak ada hari besar nasional atau event tertentu, selalu full, terutama dari Bawean ke Surabaya. Jadi bisa dikatakan keterisiannya selalu penuh,” ujarnya.

Dia berharap dengan adanya keluhan dari masyarakat terkait selalu penuhnya penerbangan di Bandara Harun Thohir ke depannya bisa teratasi.

“Semoga solusi yang kami tawarkan kepada pemangku kepentingan bisa segera direalisasikan untuk meningkatkan pariwisata di Pulau Bawean,” tuturnya.

Ia membeberkan untuk jadwal penerbangan subsidi angkutan udara perintis 2024 di Bandara Harun Thohir Bawean ada dua rute, yakni Bawean-Surabaya (PP) dan Bawean-Sumenep (PP).

“Untuk rute Bawean-Surabaya jadwalnya Senin, Selasa, Kamis, Jumat dan Sabtu pada pukul 07.00-07.52 WIB dengan harga Rp374.630,” bebernya.

Kemudian, Surabaya-Bawean jadwalnya Senin, Kamis, Jumat dan Sabtu pukul 08.02-08.54 WIB serta Rabu pukul 15.22-16.14 WIB dengan harga Rp274.750.

Selanjutnya, rute Bawean-Sumenep jadwalnya Selasa pukul 08.02-08.54 WIB dengan harga Rp303.610. Sedangkan, rute Sumenep-Bawean pada Rabu pukul 14.20-15.12 dengan harga Rp303.610. (ant/ike/iss/faz)

Berita Terkait

..
Surabaya
Kamis, 30 Mei 2024
30o
Kurs