Minggu, 28 April 2024

Kondisi Kesehatan Masyarakat Korban Gempa Bawean Terpantau Baik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik (jaket hitam) saat meninjau masyarakat Bawean yang mengungsi akibat gempa pada Sabtu (23/3/2024) malam. Foto: Humas Pemkab Gresik

Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut kondisi masyarakat korban gempa di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur terpantau baik.

Dilansir dari Antara pada Minggu (24/3/2024), saat ini para warga tinggal di empat titik pengungsian di Kecamatan Sangkapura dan 15 titik pengungsian di Kecamatan Tambak.

“Masyarakat hanya perlu perhatian untuk makanan khusus bayi, balita dan para ibu hamil. Obat-obatan, biskuit dan susu sudah disediakan tetapi masih butuh tambahan untuk menjangkau seluruh sasaran,” kata Sumarjaya Kepala Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes.

Sumarjaya mengatakan, warga sampai hari ini masih tidur di halaman depan rumah karena khawatir guncangan kembali terjadi. Mereka hanya masuk untuk masak dan ke kamar mandi atau ke toilet.

Sementara ketersediaan tenaga kesehatan terasa kurang memenuhi kebutuhan di lapangan.

Pusat Krisis Kesehatan terus memantau kondisi kesehatan masyarakat di Pulau Bawean. Sampai saat ini terdata satu orang terkena diabetes, tiga darah tinggi, dua sakit perut, tiga sakit kepala, dan tujuh trauma.

“Kami berharap ada bantuan relawan tenaga kesehatan dari berbagai pihak,” kata Sumarjaya.

Sumarjaya menjelaskan bahwa puskesmas, poskesdes dan puskesmas pembantu selalu bersiap siaga di lokasinya masing-masing. Beberapa tim turun ke lapangan untuk memeriksa kondisi masyarakat yang berkumpul di pinggir jalan, di depan rumah masing-masing.

“Akses yang mudah ke lokasi pelayanan kesehatan dan ketersediaan obat-obatan membuat masyarakat merasa lebih aman,” ujarnya. (ant/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
26o
Kurs