Selasa, 30 April 2024

Pemprov Jatim Segera Memberi Pelayanan Psikososial bagi Warga Bawean

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Adhy Karyono ​​​​​​​Pj Gubernur Jatim menyerahkan paket bantuan kepada warga Bawean pada Minggu (24/3/2024). Foto: Humas Pemprov Jatim

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim) segera memberikan pelayanan tanggap darurat psikososial bagi masyarakat terdampak gempa Tuban-Bawean.

Adhy Karyono Penjabat Gubernur Jatim usai menemui masyarakat di posko pengungsian di Bawean pada Minggu (24/3/2024) mengatakan, salah satu komponen tanggap darurat ialah adanya dukungan psikososial dan hal tersebut sudah dilakukannya.

“Ini sudah kami siapkan, menunggu kapal saja karena perjalanannya agak berat, jadi akan ada logistik, dapur umum, personel Tagana, kesehatan dan terakhir adalah tim psikososial,” ucapnya dilansir Antara.

Jadi nanti, lanjutnya, akan datang jadi satu paket untuk menangani masyarakat yang ada di Pulau Bawean. “Intinya, secara sistem tanggap darurat di sini sudah bagus, itu terbukti dengan sedikitnya korban di sini,” katanya.

“Jadi sebenarnya di Tuban itu sudah jadi langganan. Dari gempa itu akhirnya ada sesar baru jadi akan kami lebih tingkatkan lagi kesiapsiagaan ini,” imbuh mantan juru bicara Kementerian Sosial tersebut.

Tentunya hal ini menjadi kolaborasi dan koordinasi yang bagus dari pihaknya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik hingga pemerintah pusat.

“Insyaallah, mana yang bolong itu yang akan kami tutup, termasuk dengan kabupaten. Jadi jangan sampai ada yang teriak-teriak tidak tertangani,” tuturnya.

Selain itu, terkait fasilitas umum yang rusak akan langsung ditangani setelah dilakukan penilaian, di antaranya rumah sakit dan sekolah-sekolah.

“Yang utama kami akan melakukan rehabilitasi di pelayanan publik seperti sekolah, rumah sakit, masjid dan sekolah, karena itu yang sangat penting. Karena jangan sampai anak-anak berhenti sekolah, karena itu merupakan hal penting,” kata Adhy. (ant/azw/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
27o
Kurs