Minggu, 5 Mei 2024

Belasan Pemuda Direkrut Jadi Asisten Wali Kota Surabaya, Bertugas Jaring Aspirasi Anak Muda

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam talkshow Semanggi Suroboyo di Radio Suara Surabaya dengan topik Merawat Kota Surabaya, Jumat pagi (12/1/2024). Foto: Chandra suarasurabaya.net Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam talkshow Semanggi Suroboyo di Radio Suara Surabaya dengan topik Merawat Kota Surabaya, Jumat pagi (12/1/2024). Foto: Chandra suarasurabaya.net

Belasan pemuda direkrut menjadi asisten muda untuk Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya. Mereka bertugas menjaring aspirasi anak muda di perkampungan.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, sementara ini ada 17 orang yang terpilih.

“Sudah ada 300 orang daftar dari (program) Surabaya Next Leader, sudah ada sekitar 17 orang (yang terpilih),” katanya pada Selasa (30/1/2024).

Mereka akan bertugas selama tiga bulan ke depan untuk mendampingi wali kota dengan menjaring aspirasi anak muda perkampungan.

“Berjalan mulai Februari. Kami harapkan para asisten itu turun di masing-masing perkampungan untuk menarik aspirasi pemuda di sana. Serta apa saja yang diinginkan kegiatannya,” imbuhnya.

Ia berharap aspirasi anak muda ini akan mendukung pembangunan Kota Surabaya jadi lebih maju.

“Saya harap membangun Surabaya ini melalui pemuda. Karena seperti anak bayi, dia tumbuh dengan hal baik, maka pribadinya jadi baik. Pemuda juga begitu, sebelum jadi pemimpin pada masa depan, dia harus berbagi,” bebernya.

Teknisnya, aspirasi itu akan dijaring lewat musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Masalah yang ditemukan nantinya akan dibahas bersama untuk mencari solusi.

“(Tujuannya) mengurangi kemiskinan dan stunting. Modelnya seperti musrenbang pemuda,” imbuhnya.

Termasuk mereka akan berkesempatan mengikuti simulasi menjadi kepala dinas.

“Kami kasih kesempatan semuanya secara bergantian, tidak itu-itu saja. Saya ajarkan mereka juga satu hari jadi kepala dinas, dia mengatur anak buahnya. Jadi bukan lisan saja tapi perbuatannya,” tandasnya. (lta/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs