Minggu, 28 April 2024

BMKG Catat 64 Gempa Guncang Laut Jawa hingga Jumat Malam

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat 64 gempa terjadi sepanjang Jumat (22/3/2024) hingga pukul 19.00 WIB.

“Gempa Bawean ini merupakan rangkaian gempa di Laut Jawa. Hingga Jumat pukul 20.00, telah terjadi aktivitas 64 kali dengan magnitudo antara 2,7 hingga 6,5,” jabar Daryono Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam konferensi pers secara online pada Jumat malam.

Dari 64 kali gempa itu, dua di antaranya memiliki kekuatan signifikan. Gempa pertama terjadi sekitar pukul 11.22 WIB dengan magnitudo 5,9.

Daryono menjelaskan, episenter gempa ini terletak di 37 kilometer arah barat Pulau Bawean atau 126 kilometer dari arah timur Tuban dengan kedalaman 10 kilometer. Gempa tersebut dirasakan di Bawean dan sebagian besar wilayah Jawa Timur hingga Jogjakarta.

Sementara gempa signifikan kedua terjadi pada Jumat sore sekitar pukul 15.53 WIB dengan magnitudo 6,5.

Episenter gempa ini terletak di 35 kilometer arah barat Pulau Bawean atau 114 kilometer dari arah timur Tuban dengan kedalaman 12 kilometer.

Selain memberi guncangan lebih dahsyat di Bawean, gempa tersebut dirasakan hingga Kulon Progo dan sejumlah wilayah di Kalimantan Selatan.

“Kalau mengamati hasil analisis BMKG, bahwa dua gempa signifikan ini berbeda episentrumnya, namun masih satu rangkaian gempa. Antara gempa pada siang dan sore jarak (episentrumnya) 15 kilometer saja, tidak terlalu jauh,” ujar Daryono. (saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs