Rabu, 1 Mei 2024

BMKG Juanda Prakirakan Hujan Lebat di Sebagian Besar Kota di Jawa Timur Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi hujan. Foto: PIxabay

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim), termasuk Surabaya, hujan lebat pada Kamis (18/4/2024) hari ini.

Berdasarkan informasi dari prakirawan BMKG Juanda, hujan dengan intensitas ringan hingga lebat, diprakirakan mengguyur sejumlah wilayah di Jatim mulai pagi hingga malam hari nanti.

Hujan lebat pada pagi hari ini diprakirakan membasahi Gresik, Pacitan, Trenggalek, Malang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Lalu hujan pada siang hingga sore hari nanti berpotensi melanda wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Malang, Kota Malang, Batu, Pasuruan, Kota Pasuruan, Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang, dan Sumenep.

Sedangkan hujan lebat pada malam hari ini diprakirakan membasahi wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Kota Pasuruan, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang.

Kemudian cuaca pada dini hari nanti diprakirakan cerah dengan potensi hujan intensitas ringan hingga sedang.

Suhu udara pada hari ini berkisar 16 hingga 33 derajat Celsius. Dengan kelembapan udara antara 65 hingga 100 persen.

Angin dominan bertiup dari arah timur ke timur laut dengan kecepatan antara lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Tanjung Perak Surabaya memprakirakan potensi hujan ringan hingga sedang dapat terjadi di seluruh wilayah perairan Jatim hari ini.

Arah angin didominasi dari timur ke tenggara dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 16 knots atau 30 km/jam dan di Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 28 knot atau 52 km/jam.

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0,2-0,8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0,3-1,3 meter, dan di Samudera Hindia Selatan Jatim antara 0,8-2,3 meter. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
27o
Kurs