Minggu, 28 April 2024

BMKG Minta Petani Siapkan Embung, Waspadai Kemarau yang Lebih Kering

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Seorang petani pada saat memilih benih sebelum ditanam di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto: Antara Seorang petani pada saat memilih benih sebelum ditanam di wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Foto: Antara

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) meminta para petani untuk mempersiapkan embung atau waduk untuk mewaspadai musim kemarau di bawah normal yang mulai melanda negeri ini pada awal April 2024.

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG di Jakarta, Jumat (15/32024), mengatakan hasil analisa iklim awal musim kemarau akan sangat berkaitan dengan mekanisme interaksi antara El-Nino – angin Monsun Asia menjadi angin timuran Monsun Australia, dilansir Antara.

Proses tersebut diprediksi akan dimulai awal April mendatang pada beberapa wilayah Indonesia timur dan Pesisir Utara Pulau Jawa (Banten, DKI Jakarta), kemudian mendominasi Pulau Jawa dan seluruh daerah Indonesia pada September.

“Juli-Agustus diprediksi menjadi puncak dari musim kemarau di bawah normal, karena akan mendekati puncak, mulai lah persiapkan embung pertanian tetap basah saat ini,” kata dia.

Hal demikian penting dilakukan mengingat sifat kemarau di bawah normal itu lebih kering daripada biasanya, kata Dwikorita.

Ia menyebut puncak kemarau tahun ini diprediksi melanda 31- 45 persen daerah di Indonesia. Mulai dari sebagian daerah di Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, dan Jawa Timur.

Selanjutnya, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, NTT, Maluku Utara, Papua Barat, Papua Tengah, dan Papua Selatan.

“Jadi, dari diterbitkannya prakiraan ini mulai perhatikan pola tanam supaya kita tidak berujung pada kegagalan panen,” ujarnya.

Hasil analisa iklim BMKG ini juga disampaikan sebagai rekomendasi kepada pemerintah, lembaga/kementerian tingkat pusat-daerah untuk dapat mengambil kebijakan strategis sejak dini, perlindungan terhadap hasil panen, kesehatan masyarakat, termasuk ancaman bencana ekologis kebakaran hutan dan lahan. (ant/azw)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs