Jumat, 19 Juli 2024

BMKG Peringatkan Potensi Hujan di Sejumlah Wilayah Indonesia

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Hujan. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan bahwa hujan masih berpotensi mengguyur sejumlah wilayah Indonesia pada hari ini, Kamis (13/6/2024) termasuk beberapa kota besar dengan beragam intensitas hujan.

Dalam peringatan dini cuaca dikutip Antara dari BMKG menyatakan terdapat potensi hujan di sejumlah wilayah yang masuk dalam Provinsi Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Hujan juga kemungkinan dapat turun di wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku , Papua Barat dan Papua.

BMKG menyatakan hujan dengan intensitas lebih ringan juga dapat terjadi di wilayah Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

Prakiraan cuaca BMKG menyebut sebagian besar kota di Indonesia akan mengalami kondisi cuaca cerah berawan dan berawan, dengan hanya beberapa kota diprakirakan akan mengalami hujan.

Secara khusus, hujan lebat diprakirakan turun di Kota Gorontalo, Banjarmasin dan Padang. Sementara hujan dengan intensitas sedang dan ringan dapat terjadi di Bengkulu, Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ambon, Ternate, Manokwari, Makassar, Kendari, Manado dan Palembang.

Untuk wilayah Jakarta, sebagian besar wilayahnya akan mengalami kondisi berawan sepanjang hari ini. Dengan hujan ringan diperkirakan berpotensi dapat terjadi di Kepulauan Seribu pada pagi hari.(ant/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Pipa PDAM Bocor, Lalu Lintas di Jalan Wonokromo Macet

Perahu Nelayan Terbakar di Lamongan

Surabaya
Jumat, 19 Juli 2024
31o
Kurs