Sabtu, 27 April 2024

BMKG Prakirakan Sebagian Besar Wilayah Indonesia Cerah Berawan pada Hari Ini

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah. Foto: Pratama suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah berawan di sebagian besar wilayah ibu kota provinsi di Indonesia pada Rabu (20/3/2024).

Dilansir dari Antara, wilayah yang diprakirakan cerah berawan pada siang hari ini yakni Banda Aceh, Denpasar, Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Jakarta Pusat, Gorontalo, Jambi, Surabaya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Manado, dan Padang.

Sedangkan beberapa wilayah diprediksi berawan, yakni Kendari, Mamuju, Kupang, Mataram, Ternate, dan Semarang. Kota Palembang dan Ambon diprediksi berawan tebal.

Namun, hujan dengan intensitas ringan juga diprediksi akan mengguyur beberapa wilayah seperti Bandung, Pontianak, Palangkaraya, Kota Jayapura, Manokwari, Pekanbaru, Makassar, dan Medan.

Sementara itu, Kota Banjarmasin diprakirakan hujan disertai petir pada siang hari ini dengan kelembapan 60-95. Sedangkan Kota Jambi diprediksi juga akan hujan disertai petir pada malam hari nanti, dengan kelembapan 60-95.

Dwikorita Karnawati Kepala BMKG mengatakan, hasil analisa iklim awal musim kemarau akan sangat berkaitan dengan mekanisme interaksi antara El-Nino-angin Monsun Asia menjadi angin timuran Monsun Australia.

Proses itu diprediksi akan dimulai awal April mendatang pada beberapa wilayah Indonesia timur dan Pesisir Utara Pulau Jawa (Banten, DKI Jakarta), kemudian mendominasi Pulau Jawa dan seluruh daerah Indonesia pada September.

“Juli-Agustus diprediksi menjadi puncak dari musim kemarau di bawah normal, karena akan mendekati puncak, mulailah persiapkan embung pertanian tetap basah saat ini,” katanya. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
30o
Kurs